UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALISAPU 02 KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Purnawan Adi Mulyanto, 6101911015 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALISAPU 02 KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALISAPU 02 KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Selama ini pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar kurang inovatif, karena sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai sehingga tidak dapat mencapai hasil yang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya variasi dalam pembelajaran Penjasorkes. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan permainan bola gantung dalam pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kalisapu 02 Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan permainan bola gantung dalam pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kalisapu 02 Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas terdiri atas dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi gerak dasar lompat jauh gaya jongkok melalui permainan bola gantung. Setiap siklus mencakup empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kalisapu 02 kelas IV dengan 28 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, dokumentasi dan observasi. Analisis data mengguanakan teknik analisis deskriptif presentase.Berdasarkan penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh simpulan bahwa proses pembelajaran lompat jauh gaya jongkok menggunakan permainan bola gantung dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kalisapu 02 Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar pada siklus pertama ke siklus kedua. Rata-rata hasil belajar pada siklus pertama 78,51 meningkat menjadi 84,48. Sedangkan dari ketuntasan belajar pada siklus pertama persentase ketuntasan belajar yaitu 71,43% masuk dalam kategori tinggi. Dan pada siklus kedua persentase ketuntasan belajar yaitu 100% masuk dalam kriteria sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan permainan bola gantung pada pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari ranah kognitif, psikomotorik dan afektif. Berkaitan dengan kesimpulan di atas, maka peneliti mengajukan saran sebagai berikut: 1) guru hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dan mengembangkan materi, sehingga kualitas pembelajaran yang dilakukannya dapat terus meningkat. 2) Guru hendaknya lebih inovatif dalam menerapkan metode untuk menyampaikan materi pembelajaran. 3) Kepada guru yang belum aplikasi model pembelajaran bermain, hendaknya mencoba teknik tersebut
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Bola Gantung, Gerak Dasar Lompat Jauh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 22797 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 12:10 |
Last Modified: | 07 May 2014 12:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19443 |
Actions (login required)
View Item |