PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU MELALUI LESSON STUDY PADA MATERI BAHAN KIMIA TAMBAHAN UNTUK MAKANAN


Azmi Izati, 4001409045 (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU MELALUI LESSON STUDY PADA MATERI BAHAN KIMIA TAMBAHAN UNTUK MAKANAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU MELALUI LESSON STUDY PADA MATERI BAHAN KIMIA TAMBAHAN UNTUK MAKANAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU MELALUI LESSON STUDY PADA MATERI BAHAN KIMIA TAMBAHAN UNTUK MAKANAN)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian pendahuluan yang dilakukan penulis terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA di SMP N 3 Muntilan diperoleh hasil bahwa pembelajaran IPA belum diberikan secara terpadu. Kompetensi Dasar (KD) IPA belum diintegrasikan sehingga belum ada bahan ajar IPA yang terpadu yang dapat digunakan selama proses pembelajaran. Pembuatan bahan ajar diawali dengan pengintegrasian Kompetensi Dasar dari beberapa kajian IPA. Proses pengkajian pembelajaran dapat dilakukan melalui kegiatan lesson study yang bertujuan untuk mengembangkan profesi guru dan mengatasi kegagalan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA terpadu melalui lesson study pada materi bahan kimia tambahan untuk makanan dan mengetahui pencapaian hasil belajar siswa yang sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development untuk menghasilkan bahan ajar IPA terpadu dan menguji keefektifannya. Pada tahap awal penelitian, bahan ajar yang digunakan untuk penelitian divalidasi oleh validator bahan ajar. Proses selanjutnya adalah penerapan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA terpadu sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan bahan ajar IPA terpadu berpengaruh terhadap nilai siswa sehingga 86% nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar IPA terpadu termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa SMP N 3 Muntilan, sehingga siswa mampu mencapai hasil belajar yang sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, IPA Terpadu, Lesson study
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:03
Last Modified: 07 May 2014 13:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19420

Actions (login required)

View Item View Item