PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA BASKET LAPANGAN RUMPUT DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VI DI SD N JATIBARANG KIDUL 01 KABUPATEN BREBESTAHUN 2012/2013


Khavid Zanuar, 6101408280 (2012) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA BASKET LAPANGAN RUMPUT DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VI DI SD N JATIBARANG KIDUL 01 KABUPATEN BREBESTAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA BASKET LAPANGAN RUMPUT DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VI DI SD N JATIBARANG KIDUL 01 KABUPATEN BREBESTAHUN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA BASKET LAPANGAN RUMPUT DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VI DI SD N JATIBARANG KIDUL 01 KABUPATEN BREBESTAHUN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran bola basket Lapangan Rumput bagi siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg dan Gall dengan urutan sebagai berikut (1)Analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2)Pembuatan produk awal, mengembangkan produk uji coba kelompok kecil yang berupa model pengembangan permainan bolabasket lapangan rumput untuk siswa kelas VI di SD N Jatibarang Kidul 01 dalam penjasorkes, (3)Uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner, serta Evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, termasuk konsultasi yang kemudian dianalisis, (4)Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil, Revisi ini digunakaan sebagai perbaikan terhadap prodak uji coba kelompok kecil yang dibuat oleh peneliti, (5)Uji coba lapangan, (6)Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7)Hasil akhir model pengembangan permainan bola basket lapangan rumput untuk siswa kelas V SD Negeri Jatibarang Kidul 01 Kabupaten Brebes yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada para ahli yang berupa lembar evaluasi, serta uji coba kelompok kecil ( 8 siswa SD Negeri Jatibarang Kidul), dan uji lapangan ( 44 siswa kelas VI SD Negeri Jatibarang Kidul 01 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil evaluasi para ahli, yaitu dari ahli Penjas diperoleh hasil 86,67% dengan kriteria baik, dari ahli pembelajaran I 89,33% dan II diperoleh hasil 85,33% dengan kriteria baik. Model pengembangan pembelajaran bola basket menggunakan Lapangan Rumput dalam penjasorkes ini dapat dipraktikkan dan digunakan, karena dapat diterima oleh siswa kelas VI SD Negeri Jatibarang Kidul Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes baik dari segi kognitif, psikomotorik, maupun afektif. Berdasakan hasil penelitian ini diharapkan bagi guru Penjas SD untuk menggunakan produk model pengembangan pembelajaran bolabasket melalui pendekatan permainan bola basket menggunakan Lapangan Rumput ini pada siswa dalam pembelajaran Penjasorkes, dan juga dalam memberikan pembelajaran bola basket hendaknya tidak monoton yang hanya diulang-ulang gerakannya, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran bola basket.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model, Bola Basket , Lapangan Rumput
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:10
Last Modified: 07 May 2014 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19392

Actions (login required)

View Item View Item