Efektifitas Metode Kooperatif Team Game Tournament Berbantu Papan Scrambel Di Banding Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Umum Perusahaan Dagang Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 4 Semarang


Ayunda Putri Nilasari, 7101408189 (2012) Efektifitas Metode Kooperatif Team Game Tournament Berbantu Papan Scrambel Di Banding Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Umum Perusahaan Dagang Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 4 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Metode Kooperatif Team Game Tournament Berbantu Papan Scrambel Di Banding Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Umum Perusahaan Dagang Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 4 Semarang]
Preview
PDF (Efektifitas Metode Kooperatif Team Game Tournament Berbantu Papan Scrambel Di Banding Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Umum Perusahaan Dagang Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 4 Semarang) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka peningkatan hasil belajar siswa, guru dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, materi, kondisi lingkungan dan karakteristik siswa. Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) yang merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif mudah diterapkan dan melibatkan keaktifan siswa. Melalui papan scramble para siswa lebih termotivasi dan lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran TGT berbantu papan scramble efektif dalam pelajaran akuntasi kompetensi dasar jurnal umum perusahaan dagang dan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS tahun pelajaran 2012/2013 SMA Negeri 4 Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara penentuan. Dari tiga kelas yang ada, kelas XII.IS.2 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XII.IS.1 sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. XII.IS.3 sebagai kelas uji coba. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode observasi. Aktivitas siswa baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol mengalami peningkatan aktivitas dari pertemuan yang satu ke pertemuan berikutnya, akan tetapi besarnya persentase rata-rata aktivitas siswa untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibanding persentase rata-rata aktivitas siswa di kelas kontrol. Secara umum proses pembelajaran yang dilakukan pada saat penelitian berlangsung baik sesuai dengan yang telah direncanakan. Uji hipotesis 1 menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran TGT berbantu papan scramble efektiv dalam pelajaran akuntansi kompetensi dasar jurnal umum perusahaan dagang. Uji hipotesis 2 menunjukan ada perbedaan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penerapan metode pembelajaran TGT berbantu papan scramble efektif dalam pelajaran akuntansi dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa lebih tinggi pada kompetensi dasar jurnal umum perusahaan dagang dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Saran dari peneliti agar pembelajaran kooperatif TGT perlu disosialisasikan untuk dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran ekonomi akuntansi kompetensi dasar jurnal umum perusahaan dagang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Teams Games Tournament, Media papan scrambel, Metode konvensional, Hasil belajar, Jurnal umum perusahaan dagang.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2013 10:18
Last Modified: 22 Nov 2013 10:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19388

Actions (login required)

View Item View Item