EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) BERBANTUAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI 1 BATANG


Novita Maulidah, 7101408052 (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) BERBANTUAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI 1 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) BERBANTUAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI 1 BATANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) BERBANTUAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI 1 BATANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan faktor yang penting dalam proses belajar mengajar, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pendidikan. Tingkat kecepatan belajar yang berbeda-beda menuntut guru untuk lebih kreatif dengan menerapkan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Model STAD adalah pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan merupakan model yang paling baik karena dalam pembelajaran STAD siswa akan lebih aktif mencari dan menemukan pengetahuannya. Modul merupakan salah satu alternatif bahan ajar yang dapat digunakan untuk bisa membantu memberikan bahan pengayaan yang berkenaan dengan melihat kecepatan belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan modul dapat meningkatkan hasil belajar, apakah ada perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan pembelajaran menggunakan modul dan apakah pembelajaran dengan STAD berbantuan modul pembelajaran lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tentang efektivitas penggunaan metode STAD dengan bantuan modul terhadap hasil belajar kewirausahaan di SMK Negeri 1 Batang. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar, metode STAD, modul. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test, uji independent sample t test, dan desain randomized control group pre-test post-test. Diketahui aktivitas siswa dari aspek perhatian, kecepatan siswa dalam mempelajari materi, keaktifan, ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas dan kemampuan mengutarakan pendapat pada setiap pertemuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan, akan tetapi peningkatan aktivitas belajar siswa eksperimen lebih baik jika dibandingkan dengan aktivitas belajar kelas kontrol. Pengujian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar antara sebelum dan setelah treatment di kelas eksperimen. Pengujian yang menunjukan ada perbedaan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengujian bahwa penggunaan metode STAD lebih efektif. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan modul pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar menggunakan model STAD lebih tinggi daripada tanpa menggunakan model STAD. Penggunaan model STAD berbantuan modul pembelajaran lebih efektif dibandingkan tanpa menggunakan model STAD berbantuan modul pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model STAD, Modul Pembelajaran, Hasil belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2013 10:00
Last Modified: 22 Nov 2013 10:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19384

Actions (login required)

View Item View Item