PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN KELAS V SD ISLAM AL MADINA SEMARANG


DESY NOOR HALIMAH, 1401409346 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN KELAS V SD ISLAM AL MADINA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN KELAS V SD ISLAM AL MADINA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN KELAS V SD ISLAM AL MADINA SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data awal yang didapatkan peneliti saat melaksanakan praktik pengalaman lapangan di kelas V SD Islam Al Madina Semarang ditemukan permasalahan rendahnya keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menyimak dongeng. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diterapkan model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran menyimak dongeng. Dengan model kooperatif tipe STAD dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dan media CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran?; (2) apakah dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dan media CD pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas V SD Islam Al Madina Semarang ?; (3) apakah dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dan media CD pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang menyimak dongeng kelas V SD Islam Al Madina?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, keterampilan menyimak dongeng siswa dalam pembelajaran melalui model kooperatif tipe STAD dengan CD Pembelajaran. Rancangan penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian terdiri atas dua siklus masing-masing siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah guru dan 26 siswa kelas V SD Islam Al Madina. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, teknik tes, teknik dokumentasi, teknik wawancara, dan angket. Kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas V SD Islam Al Madina setelah diadakan pembelajaran menyimak dongeng dengan melalui model STAD menggunakan media CD Pembelajaran mengalami peningkatan. Peningkatan keterampilan menyimak dongeng tersebut diketahui dari hasil tes siklus I dan siklus II. Nilai pada siklus I mencapai 61,54 termasuk dalam kategori kurang dengan memperoleh skor sebesar 34,19%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan mencapai nilai rata-rata 81,15 atau sebesar 73,08% termasuk dalam kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD dengan CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, keterampilan menyimak dongeng siswa kelas V SD Islam Al Madina Semarang. Saran hendaknya guru memberikan variasi dalam pembelajaran menyimak

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak, model kooperatif tipe STAD, CD pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:12
Last Modified: 07 May 2014 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19382

Actions (login required)

View Item View Item