PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V A SDN TAMBAKAJI 05 KOTA SEMARANG


WALIYYATUN NASHIIRAH, 1401409337 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V A SDN TAMBAKAJI 05 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V A SDN TAMBAKAJI 05 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V A SDN TAMBAKAJI 05 KOTA SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

PKn bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis, rasional, kreatif menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi aktif, bertanggung jawab, bertindak cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi Berdasarkan hasil refleksi awal yang dilakukan peneliti di kelas VA SDN Tambakaji 05 Semarang, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran PKn, yaitu rendahya kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswadan hasil belajar siswa juga rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan model Quantum Teaching dengan media audio visual dalam pembelajaran PKn. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah melalui model QuantumcTeaching dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Quantum Teaching. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 20 siswa kelas VA SDN Tambakaji 05 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes (observasi dan catatan lapangan). Sedangkan teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Variable penelitian ini adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, (3) hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran semakin meningkat yang ditunjukkan dengann: (1) keterampilan guru pada siklus 1 mendapat jumlah skor rata-rata 20,5 dengan kategori baik dan pada siklus 2 meningkat dengan jumlah skor rata-rata 28 dengan kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus 1 mendapat jumlah skor rata-rata 22,27 dengan kategori cukup dan pada siklus 2 meningkat dengan jumlah skor rata-rata 27,14 dengan kategori baik, (3) hasil belajar siswa pada siklus 1 memperoleh jumlah rata-rata 65,37 dengan persentase ketuntasan klasikal 60% dan pada siklus 2 mendapat nilai rata-rata 72,8 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 77,5%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Tambakaji 05 Semarang. Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif terutama modelQuantum Teaching dengan media audio visual dalam pembelajarankarena dengan menerapkan model Quantum Teaching dapat mengubah pembelajaran yang konvensional, monoton, dan membosankan melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran PKn, Quantum Teaching, audio visual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:12
Last Modified: 07 May 2014 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19378

Actions (login required)

View Item View Item