PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN KASTI ENGGUNAKAN PEMUKUL PADDEL DAN LAPANGAN SEGITIGA DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PANDAN KECAMATAN PANCUR KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2011/2012


Sri Mulyanti, 6101408256 (2012) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN KASTI ENGGUNAKAN PEMUKUL PADDEL DAN LAPANGAN SEGITIGA DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PANDAN KECAMATAN PANCUR KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN KASTI ENGGUNAKAN PEMUKUL PADDEL DAN LAPANGAN SEGITIGA DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PANDAN KECAMATAN PANCUR KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN KASTI ENGGUNAKAN PEMUKUL PADDEL DAN LAPANGAN SEGITIGA DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PANDAN KECAMATAN PANCUR KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2011/2012)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran permainan kasti dapat mengembangkan pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Pandan kecamatan pancur kabupaten rembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui produk pengembangan model pembelajaran permainan kasti pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Pandan Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang Tahun 2012/2013. Metode : Pengembangan ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka. (2) Mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan kasti modifikasi alat pemukul paddel dan lapangan segitiga). (3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan ahli kasti, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan koesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis. (4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan tehadap produk awal yang dibuat oleh peneliti. (5) Uji coba lapangan (30siswa). (6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan. (7)Hasil model pembelajaran permainan kasti modifikasi alat pemukul paddel dan lapangan segitiga pada siswa kelas V SD N 1 Pandan yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji kelompok kecil, dan uji coba lapangan.Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian koesioner oleh siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Hasil Dari hasil uji coba dari ahli Penjas 80,0 % (baik/layak),ahli kasti 73,3%(baik/layak), uji coba skala kecil 87,3 % (baik/layak), dan uji coba lapangan 89,5 % (sangat baik/sangat layak). Kesimpulan : Dari hasil uji skala kecil, uji lapangan menjadikan produk pengembangan model pembelajaran menggunakan paddel dan lapangan segitiga layak dipakai sebagai alternatif pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD Negeri 1 Pandan Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang. Saran : bagi guru penjasorkes SD Negeri 1 Pandan dapat mengguanakan produk model permainan kasti menggunakan pemukul paddel dan lapangan segitiga ini sebagai hasil pengembangan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Permainan Kasti Menggunakan Pemukul Paddel Dan Lapangan Segitiga Dalam Pembelajaran Penjasorkes
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:19
Last Modified: 07 May 2014 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19372

Actions (login required)

View Item View Item