PENERAPAN MODEL KOOPERATIF KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI KELAS IV SDN PURWOYOSO 01


LISA NOR RAHMAWATI, 1401409235 (2013) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI KELAS IV SDN PURWOYOSO 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL KOOPERATIF KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI KELAS IV SDN PURWOYOSO 01]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL KOOPERATIF KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI KELAS IV SDN PURWOYOSO 01)
Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada di kelas IV SDN Purwoyoso 01yaitu guru sudah membagi kelompok, namun belum jelas dalam penugasan kepada setiap siswa, sehingga siswa kurang bertanggung jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui penerapan model kooperatif kepala bernomor terstruktur berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran geometri siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01.Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkankualitas pembelajaran geometri siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes berupa observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.Teknik analisi data berupa teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwaketerampilan guru mengalami peningkatan secara berturut-turut dari siklus I pertemuan 1jumlah skor 44(baik), 52(sangat baik), 54(sangat baik), 55 (sangat baik). Aktivitassiswa mengalami peningkatan secara berturut-turut dari siklus I pertemuan 1 jumlah skor rata-rata 18,8(cukup), jumlah skor rata-rata 20,0(baik), jumlah skor rata-rata 22,7(baik), jumlah skor rata-rata25,5(baik). Hasilbelajar kognitif siswa mengalami peningkatan secara berturut-turut nilai rata-rata 50,69 dengan ketuntasan 41%, nilai rata-rata 52,08 dengan ketuntasan 47%, nilai rata-rata 73,05 dengan ketuntasan 83%, nilai rata-rata 77,63 dengan ketuntasan 94%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui modelkooperatif kepala bernomor terstruktur berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran geometri. Saran bagi guru adalah hendaknya pembagian nomor kepala dilakukan pada setiap pertemuan dan pembagian tugas yang bervariasi dari pertemuan sebelumnya, agar siswa lebih berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas; kepala bernomor terstruktur; media
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 14:34
Last Modified: 07 May 2014 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19358

Actions (login required)

View Item View Item