SURVEI KEAKTIFAN ANAK TUNAGRAHITA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SDLB JEPARA TAHUN 2012


Muhammad Imam Majid, 6101408206 (2012) SURVEI KEAKTIFAN ANAK TUNAGRAHITA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SDLB JEPARA TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI KEAKTIFAN ANAK TUNAGRAHITA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SDLB JEPARA TAHUN 2012]
Preview
PDF (SURVEI KEAKTIFAN ANAK TUNAGRAHITA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SDLB JEPARA TAHUN 2012)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana tingkat keaktifan anak tunagrahita dalam mengikuti pembelajarn penjas di SDLB Jepara yang memiliki karakteristik berbeda dengan anak normal. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat keaktifan anak tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB Jepara tahun 2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDLB Jepara katagori kelas C (Tunagrahita) tahun 2012 berjumlah 125 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling, yaitu sampel diambil jumlah yang seimbang dari setiap kelasnya secara acak, sampel yang digunakan berjumlah 24 anak yang diambil dari setiap kelasnya 4 orang anak secara acak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan metode survei dengan lokasi penelitian di SDLB Jepara. Data penelitian dihimpun langsung melalui: (1) observasi dengan lembar kerja pengamatan, (2) wawancara, dan (3) pengumpulan dokumen. Bentuk analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan anak tunagarahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB Jepara tahun 2012 dapat dikatakan cukup, dari hasil yang diperoleh menunjukkan prosentase sebesar 51,34%. Hasil tersebut merupakan jumlah rata-rata dari tiga kali pengamatan yang dilakukan peneliti pada tanggal 29 Agustus, 5 September, dan 12 September dengan hasil 53,7%, 49,8%, dan 50,5%. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keaktifan anak dalam mengikuti pembelajaran penjas di SDLB Jepara, antara lain faktor intern dan ekstern anak tersebut. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran antara lain: (1) Bagi guru mata pelajaran pendidikan jasmani. Kembangkan model-model pembelajaran berdasarkan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Buatlah lebih banyak variasi materi untuk memperkaya pengetahuan gerak siswa. Gunakan metode yang tepat untuk mencegah siswa dari kejenuhan saat mengikuti pembelajaran, dan optimalkan pembelajaran dengan melengkapi sarana prasarana di sekolah. (2) Bagi sekolah, untuk mengajukan permintaan kepada dinas terkait untuk membantu baik material maupun tenaga pengajar guna peningkatan mutu kualitas pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. (3) Bagi Universitas Negeri Semarang untuk mengadakan program studi atau jurusan yang meluluskan guruguru penjasorkes untuk sekolah luar biasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Tunagrahita, Pendidikan Jasmani
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 16:59
Last Modified: 07 May 2014 16:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19347

Actions (login required)

View Item View Item