Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN Mangkangkulon 01


Dina Kurnia Jayanti, 1401409184 (2013) Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN Mangkangkulon 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN Mangkangkulon 01]
Preview
PDF (Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN Mangkangkulon 01)
Download (25MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini diperoleh dari hasil refleksi yang yang menunjukkan permasalahan dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Mangkangkulon 01 diantaranya pembelajaran kurang membangkitkan minat dan keingintahuan siswa, kurang menekankan diskusi kelompok untuk melatih siswa bekerjasama dan berfikir kritis, kurang memotivasi siswa menggunakan kalimatnya sendiri, kurang menerapkan konsep dan keterampilan dalam situasi baru, penggunaaan media kurang diterapakan sehingga siswa pasif, hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 30%. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model siklus belajar (Learning Cycle) dengan media Flashcard dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Mangkangkulon 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 24 berkriteria baik, meningkat pada siklus II memperoleh skor 29 berkriteria baik dan siklus III meningkat dengan memperoleh skor 33,5 berkriteria sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 20,1 berkriteria baik, pada siklus II memperoleh skor 23,9 berkriteria baik dan meningkat pada siklus III memperoleh skor 28,5 berkriteria sangat baik. (3) Hasil belajar dengan ketuntasan klasikal pada siklus I 60,1%, meningkat pada siklus II menjadi 71,6%, dan siklus III meningkat menjadi 81,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model siklus belajar (Learning Cycle) dengan media Flashcard dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA. Saran yang diberikan: hendaknya diterapkan model siklus belajar (Learning Cycle) dengan media Flashcard dalam pembelajaran IPA karena guru dan siswa lebih kreatif dan komunikatif dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPA, model siklus belajar (learning cycle), media flashcard
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:03
Last Modified: 07 May 2014 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19344

Actions (login required)

View Item View Item