PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHAREDENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBANTENG KIDUL 02


SITI NURCHOLIFAH, 1401409173 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHAREDENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBANTENG KIDUL 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHAREDENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBANTENG KIDUL 02]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHAREDENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBANTENG KIDUL 02)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti bahwa pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02belum optimal. Dalam pelaksanaannya guru menerapkan model pembelajaran yang kurang menarik,kurang melibatkan siswa secara aktif, kerjasama siswa dalam kelompok kurang efektif, kurangnya penggunaan media pembelajaran, dan hasil belajar rendah.Dengan memperhatikan kendala tersebut perlu diupayakan peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui pendekatan kooperatif tipe think-pair-share dengan media audiovisual karena siswa akan berpikir secara individu dan bekerjasama dalam kelompok berpasangan secara optimal sehingga dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pendekatan kooperatif tipe think-pair-share dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui pendekatan kooperatif tipe think-pair-share dengan media audiovisual pada siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan perolehan skor keterampilan guru siklus I pertemuan 1yaitu23(cukup), siklus I pertemuan 2 yaitu 31 (baik), siklus II pertemuan 1 yaitu 32 (baik), siklus II pertemuan 2 yaitu 34 (sangat baik), pada siklus III pertemuan 1 yaitu 35 (sangat baik), dan siklus III pertemuan 2 yaitu 36 (sangat baik). Perolehan skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1yaitu12,06(cukup), siklus I pertemuan 2 yaitu 14,32 (cukup), siklus II pertemuan 1 yaitu 15,53 (baik), siklus II pertemuan 2 yaitu 16,25 ( baik), siklus III pertemuan 1 yaitu 17,33 (baik), dan siklus III pertemuan 2 yaitu 18,75 (baik). Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa meningkat yaitu pada siklus 1 diperoleh rata-rata63,47dengan ketuntasan belajar 55,56%,siklus II diperoleh rata-rata 74,16dengan ketuntasan belajar 83,33%,dan siklus III diperoleh rata-rata 77,76dengan ketuntasan belajar 88,89%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui pendekatan kooperatif tipe think-pair-share dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankandapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, IPA, TPS dan media audiovisual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:03
Last Modified: 07 May 2014 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19341

Actions (login required)

View Item View Item