PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS V SDN SEKARAN02 SEMARANG


Desiana Nur Indahsari, 1401409156 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS V SDN SEKARAN02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS V SDN SEKARAN02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS V SDN SEKARAN02 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Sekaran 02 Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan data pencapaian hasil belajar siswa kelas V SDN Sekaran 02 Semarang dalam pembelajaran IPA dimana sebanyak 13 dari 25 siswa yang nilainya masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≤ 70. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model Think Pair Share berbantuan Macromedia Flash. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Think Pair Share berbantuan Macromedia Flash dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sekaran 02? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model Think Pair Share berbantuan Macromedia Flash siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Sekaran 02 Semarang. Subjek penelitian ini adalah guru dan 13 siswa kelas V SDN Sekaran 02 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran IPA dapat meningkat, meliputi: (1) keterampilan guru siklus I memperoleh skor 21,5, pada siklus II meningkat dengan skor 27 dan pada siklus III meningkat menjadi 30,5 (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 19,43, pada siklus II meningkat dengan skor 23,66 dan pada siklus III memperoleh skor 26,85 (3) Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, pada siklus I hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 70,98 dengan ketuntasan belajar 62%,pada siklus II diperoleh rata-rata 74,61 dengan ketuntasan 74%, pada siklus III diperoleh rata-rata 87,03 dengan ketuntasan belajar 80%. Adapun simpulan penelitian ini, melalui model Think Pair Share berbantuan Macromedia Flash dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sekaran 02. Saran dalam penelitian yaitu Disarankan bagi guru untuk menerapkan model ini dalam pembelajaran IPA sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang inovatif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Macromedia Flash, Kualitas Pembelajaran, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:03
Last Modified: 07 May 2014 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19339

Actions (login required)

View Item View Item