PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI NGALIYAN 01 SEMARANG
Hening Dyah Wahyu Setyorini, 1401409069 (2013) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI NGALIYAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI NGALIYAN 01 SEMARANG)
Download (9MB) | Preview |
Abstract
Pelajaran bahasa Jawa merupakan mata pelajaran muatan lokal wajib di wilayah provinsi Jawa Tengah. Salah satu tujuan pembelajaran mata pelajaran muatan lokal bahasa Jawa adalah meningkatkan kemampuan intelektual siswa. Berdasarkan data awal yang diperoleh melalui observasi di kelas IV B SD Ngaliyan 01 Semarang, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jawa yaitu rendahnya perbendaharaan kosakata bahasa Jawa siswa. Sebagai contoh tampak ketika pelajaran bahasa Jawa,sebagian besar siswa kelas IV B di SD Ngaliyan 01 Semarang berkomunikasi menggunakan bahasa campuran Indonesia-Jawa, minat siswa dalam pembelajaran juga masih kurang sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah apakah melalui model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jawa siswa? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas 1 pertemuan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran yang meliputi: keterampilan guru meningkat dari skor 30 dengan kategori baik (siklus I) menjadi skor 32 dengan kategori sangat baik (siklus II), selanjutnya skor meningkat menjadi 36 dengan kategori sangat baik (siklus III); rata-rata skor aktivitas siswa meningkat dari skor 13,8 dengan kategori baik (siklus I), menjadi skor 14,94 dengan kategori baik (siklus II), selanjutnya meningkat menjadi skor 17,02 dengan kategori sangat baik (siklus III); Hasil belajar siswa meningkat dari skor rata-rata 64,6 dengan ketuntasan sebesar 63,88% (siklus I) menjadi skor 68 dengan ketuntasan sebesar 75% (siklus II), selanjutnya meningkat menjadi skor 72,16 dengan ketuntasan 83,3% (siklus III). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa serta penguasaan kosakata bahasa Jawa. Saran bagi guru adalah guru dapat merencanakan pembelajaran dengan melihat potensi yang ada serta memilih strategi yang sesuai dalam pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penguasaan kosakata bahasa Jawa, model pembelajaran Mind Mapping |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 17:06 |
Last Modified: | 07 May 2014 17:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19329 |
Actions (login required)
View Item |