SURVEI PROGRAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SDLB DI SLB NEGERI SEMARANG TAHUN 2012
Muhammad Shofhan Muttaqin, 6101408134 (2013) SURVEI PROGRAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SDLB DI SLB NEGERI SEMARANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (SURVEI PROGRAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SDLB DI SLB NEGERI SEMARANG TAHUN 2012)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Mengingat tidak semuaprogram pembelajaran Penjasorkes bagi anak berkebutuhan khusus cocok dan tepat dilaksanakan, hal ini disebabkan adanya jenis kelainan dan kemampuan terbatas yang berbeda-beda pada setiap anak, memerlukan penyesuaian yang tepat, terarah, terencana dan disertai evaluasi dalam menentukan model. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa yang menjadi landasan dalam penyusunan program pembelajaran Penjasorkes SDLB di SLB Negeri Semarang Tahun 2012. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui landasan penyusunan program pembelajaran Penjasorkes SDLB di SLB Negeri Semarang tahun 2012. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana peneliti membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Variabel dalam penelitian ini adalah progam pembelajaran Penjasorkes. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara terbuka. Dalam penelitian ini data yang sudah terkumpul akan dianalisis kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diketahuipenyusunan program pembelajaran berdasarkan kurikulum yang digunakan yaitu KTSP,program yang disusun disesuaikan berdasarkan jenis ketunaan dan tingkat jenjang pendidikan, program yang disusun berdasarkan tingkat kemampuan individu peserta didik karena kegiatan belajar mengajar menggunakan pembelajaran individu, program pembelajaran yang disusun berdasarkan 5 aspek, yaitu 1) Permainan dan olahraga, 2) Aktivitas ritmik, 3) Aktivitas pengembangan uji diri, 4) Aktivitas kebugaran jasmani, serta 5) Olahraga pilihan dan kesehatan, kelima aspek tersebut dikembangkan menjadi standar kompetensi dan kompetensi dasar. Simpulan dalam penelitian ini adalah landasan penyusunan program Penjasorkes SDLB SLB Negeri Semarang berdasarkan kurikulum yang digunakan yaitu KTSP di mana standar kompetensi dan kompetensi dasar setiap program pembelajaran merupakan pengembangan berdasarkan 5 aspek, yaitu 1) Permainan dan olahraga, 2) Aktivitas ritmik, 3) Aktivitas pengembangan uji diri, 4) Aktivitas kebugaran jasmani, serta 5) Olahraga pilihan dan kesehatan kemudian program yang disusun disesuaikan berdasarkan jenis ketunaan dan tingkat jenjang pendidikan serta disesuaikan dengan tingkat kemampuan individu peserta. Saran peneliti untuk guru Penjasorkes yaitu lebih meningkatkan kemampuan dalam penyusunan program pembelajaran serta lebih memperhatikan secara detail program yang dibutuhkan peserta didik demi tercapainya tujuan Penjasorkes agar lebih berkualitas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Survei, Program Pembelajaran |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22797 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 17:07 |
Last Modified: | 07 May 2014 17:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19325 |
Actions (login required)
View Item |