PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 01 KOTA SEMARANG


WENI SEPTYA DEWI, 1401409062 (2013) PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 01 KOTA SEMARANG)
Download (7MB) | Preview

Abstract

PKn memfokuskan pada pembentukan warga negara yang cerdas, terampil, berkarakter sesuai UUD 1945 dan Pancasila. Berdasarkan data awal diperoleh selama PPL di kelas IV SDN Gunungpati 01 Kota Semarang ditemukan permasalahan yaitu pembelajaran PKn yang kurang optimal, model pembelajaran dan media pembelajaran kurang inovatif, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar PKn dengan ketuntasan klasikal sebanyak 38%. Solusi permasalahan untuk memperbaiki proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) dengan multimedia. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model TAI dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Gunungpati Kota semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gunungpati 01 Kota Semarang yang berjumlah 26 siswa. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya (1) keterampilan guru pada siklus 1 pertemuan I skor 20 (cukup), pertemuan II skor 25 (baik), siklus 2 pertemuan I skor 27 (baik) dan pertemuan II skor 30 (sangat baik); (2) aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan I rata-rata skor 16,5 (cukup), pertemuan II rata-rata skor 18,3 (baik), pada siklus 2 pertemuan I rata-rata skor 20,7 (baik), pertemuan II rata-rata skor 23,8 (baik); (3) ketuntasan klasikal hasil belajar siklus 1 pertemuan I sebanyak 58% (15 siswa) tuntas belajar, pertemuan II sebanyak 65% (17 siswa) tuntas belajar. Pada siklus 2 pertemuan I sebanyak 77% (20 siswa) tuntas belajar dan pertemuan II sebanyak 88% (23 siswa) tuntas belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model TAI dengan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Saran bagi guru adalah model model Team Assisted Individualization (TAI) dengan multimedia dapat menjadi solusi dalam meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV. Kata kunci: Kualitas Pembelajaran PKn, Model Team Assisted Individualization (TAI), multimedia

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn, Model Team Assisted Individualization (TAI), multimedia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:08
Last Modified: 07 May 2014 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19324

Actions (login required)

View Item View Item