PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PENDEKATAN METODE BERMAIN BOLA KARET PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PATIKRAJA KEC. PATIKRAJA KAB. BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/2012


Dyah Ayu Kenya Rini, 6101408132 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PENDEKATAN METODE BERMAIN BOLA KARET PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PATIKRAJA KEC. PATIKRAJA KAB. BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PENDEKATAN METODE BERMAIN BOLA KARET PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PATIKRAJA KEC. PATIKRAJA KAB. BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PENDEKATAN METODE BERMAIN BOLA KARET PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PATIKRAJA KEC. PATIKRAJA KAB. BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/2012)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tolak peluru di kelas V SD Negeri 2 Patikraja masih belum berjalan secara efektif. Kenyataan di lapangan setiap pelaksanaan pembelajaran tolak peluru siswa kurang bersemangat danbanyak siswa yang nilainya belum mencapai KKM. Faktor yang mempengaruhi banyak siswa yang nilainya kurang dari KKM adalah bagi siswa SD dengan berat peluru asli terlalu berat dan besar untuk digunakan dalam pembelajaran, sehingga siswa merasa kesulitan dalam cara memegang peluru, sikap awalan yang asal-asalan, cara menolak peluru tidak gerakan mendorong peluru tetapi melempar (ada gerakan lecutan pada pergelangan tangan) serta tidak diakhiri dengan gerakan lanjutan yang tepat.. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “ Apakah melalui pendekatan metode bermain bola karet dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tolak peluru pada siswa kelas V SD Negeri 2 Patikraja?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui pendekatan metode bermain bola karet dalam pembelajaran tolak peluru pada siswa kelas V SD Negeri 2 Patikraja. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Patikraja, sedangkan objek penelitian ini adalah guru SD Negeri 2 Patikraja. Dengan tahapan pada setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh hasil yaitu pada pra siklus diperoleh nilai akhir rata-rata 49,49, nilai ini menunjukkan kemampuan siswa yang masih rendah, karena masih dibawah KKM yaitu nilai 70. Dari kondisi pra sklus ini, penulis melakukan tindakan,agar terjadi peningkatan pada pembelajaran tolak peluru. Pada siklus I dengan metode menolak bola ke sasaran papan,sudah ada peningkatan nilai menjadi 63, tetapi masih dibbawah nilai KKM sehingga perlu adanya perubahan pada siklus II, yaitu sasaran menjadi ring. Dari siklus II ini diperoleh nilai 73,19 dan sudah mencapai KKM. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain bola karet dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru awalan samping pada siswa kelas V SD Negeri 2 Patikraja. Bagi guru Penjasorkes apabila ingin menerapkan pendekatan modifikasi perlu membuat rancangan materi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa, sarana dan prasarana sehingga proses pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan modifikasi akan lebih efektif dan bermanfaat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tolak Peluru, Permainan, Bola Karet.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:08
Last Modified: 07 May 2014 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19320

Actions (login required)

View Item View Item