PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARANGEOMETRI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL)BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG


MIRA AZIZAH, 1401409019 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARANGEOMETRI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL)BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARANGEOMETRI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL)BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARANGEOMETRI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL)BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran geometri di kelas V SDN Purwoyoso 01 Semarang antara lain guru belum mengenalkan dan mengawali pembelajaran dengan suatu permasalahan. Guru belum memberi kesempatan siswa untuk melakukan penyelidikan tentang suatu masalah dan menyajikan hasil penyelesaian masalah tersebut. Guru juga belum menggunakan media sehingga pembelajaran kurang menarik dan siswa kesulitan dalam memahami materi. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa, yaitu 58% dari jumlah siswa belum mencapai KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah model Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran geometri pada siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Semarang? Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran geometri pada siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Teknik non tes terdiri atas observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada setiap pertemuan berturut-turut memperoleh jumlah skor 43 (baik); 47 (sangat baik); 50 (sangat baik); dan 51 (sangat baik). Aktivitas siswa memperoleh jumlah skor rata-rata 15,6 (cukup); 20,6 (baik); 21,9 (baik); dan 24,5 (sangat baik). Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata 58 dengan ketuntasan belajar klasikal 45%; 66,03 dengan ketuntasan belajar klasikal 68%; 68,23 dengan ketuntasan belajar klasikal 77%; dan 68,94 dengan ketuntasan belajar klasikal 81%. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran geometri pada siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Semarang. Saran bagi guru yaitu perlu merencanakan pembelajaran dengan mantap dan menerapkan konsep belajar tuntas. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan gabungan model PBL dengan model pembelajaran lain atau dengan teori pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Geometri, Kualitas Pembelajaran, Multimedia, PBL
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:12
Last Modified: 07 May 2014 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19311

Actions (login required)

View Item View Item