PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS II SDN TUGUREJO 03 SEMARANG
Titis Pratitis, 1401409005 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS II SDN TUGUREJO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS II SDN TUGUREJO 03 SEMARANG)
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal di SDN Tugurejo 03 Semarang ditemukan berbagai masalah pada pembelajaran matematika kelas II yaitu kegiatan pada proses pembelajaran lebih didominasi oleh guru, guru jarang menggunakan kelompok-kelompok selama pembelajaran, dan kurang memaksimalkan penggunaan media pembelajaran. Hal tersebut berdampak buruk pada hasil belajar domain kognitif pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Sebanyak 25 siswa dari 42 siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM yang telah ditetapkan yaitu 62 sehingga prosentase ketuntasan hanya mencapai 40,47 %. Berdasarkan kenyataan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan model Think Pair Share berbantuan media manipulatif. Model Think Pair Share dipilih karena memiliki prosedur yang memberikan lebih banyak waktu kepada siswa untuk berpikir, merespon, dan saling bekerja sama. Selain itu pengkondisian kelas dengan model Think Pair Share lebih mudah bila dibandingkan dengan model kooperatif lainnya. Sedangkan media manipulatif dipilih karena dapat membantu mengkonkretkan konsep yang abstrak, membantu siswa memahami kalimat matematika, dan membuat matematika lebih menyenangkan. Rumusan masalah secara umum dalam penelitian adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran operasi bilangan melalui model Think Pair Share berbantuan media manipulatif pada siswa kelas II SDN Tugurejo 03 Semarang ?. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masingmasing pertemuan terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN Tugurejo 03 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar ranah kognitif siswa mengalami peningkatan. Keterampilan guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 36 (kategori baik), siklus I pertemuan 2 adalah 43 (kategori baik), siklus II pertemuan 1 adalah 46 (kategori sangat baik), dan siklus II pertemuan 2 adalah 52 (kategori sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor rata-rata sebesar 11,75 (kategori cukup), siklus I pertemuan 2 adalah 13,63 (kategori baik), siklus II pertemuan 1 adalah 16,41 (kategori baik), dan siklus II pertemuan 2 adalah 17, 82 (kategori sangat baik). Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 54,77 % , pada siklus I pertemuan 2 adalah 71,43%, pada siklus II pertemuan 1 adalah 80,95 %, dan pada sikus II pertemuan 2 adalah 90,48%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Think Pair Share dengan media manipulatif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran operasi bilangan di kelas II Sekolah Dasar. Saran dalam menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan media manipulatif yaitu hendaknya guru merancang kegiatan pembelajaran yang dapat mengkondisikan siswa untuk aktif mengeluarkan pendapat dan bertanya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran, think pair share, media manipulatif. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 17:10 |
Last Modified: | 07 May 2014 17:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19309 |
Actions (login required)
View Item |