MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN GOBAG SODOR BOLA PADA PEMBELAJARAN BOLA TANGAN DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MANYARAN KECAMATAN SEMARANG BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2012


Dewi Rosianah, 6101408096 (2012) MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN GOBAG SODOR BOLA PADA PEMBELAJARAN BOLA TANGAN DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MANYARAN KECAMATAN SEMARANG BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN GOBAG SODOR BOLA PADA PEMBELAJARAN BOLA TANGAN DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MANYARAN KECAMATAN SEMARANG BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2012]
Preview
PDF (MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN GOBAG SODOR BOLA PADA PEMBELAJARAN BOLA TANGAN DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MANYARAN KECAMATAN SEMARANG BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2012)
Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran penjasorkes di Sekolah Dasar mempunyai Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana model pengembangan permainan gobag sodor bola pada pembelajaran bola tangan dalam penjasorkes siswa kelas V pada SD N 3 Manyaran Kecamatan Semarang Barat Kabupaten Semarang tahun 2012. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permainan gobag sodor bola dengan karakteristik siswa kelas V SD N 3 Manyaran yang berupa model pengembangan permainan gobag sodor bola pada pembelajaran bola tangan dalam penjasorkes siswa kelas V SD N 3 Manyaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjasorkes dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (melibatkan 12 siswa) sebagai bahan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (melibatkan 38 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pengembangan pembelajaran model pengembangan permainan gobag sodor bola pada pembelajaran bola tangan dalam penjasorkes siswa kelas V SD N 3 Manyaran yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil (12 siswa kelas V ), dan uji lapangan (38 siswa kelas V ). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 83,55 dengan kriteria baik. Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba kelompok kecil. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 63,06% dengan kategori cukup baik. Dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 85,18% dengan kategori baik.Dengan hasil baik sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran penjasorkes

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BOLA TANGAN DALAM PENJASORKES
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:14
Last Modified: 07 May 2014 17:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19306

Actions (login required)

View Item View Item