MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PERMAINAN BOLA TOLAK BEREKOR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012/2013


TEGUH WALUYO, 6101408086 (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PERMAINAN BOLA TOLAK BEREKOR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PERMAINAN BOLA TOLAK BEREKOR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012/2013]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PERMAINAN BOLA TOLAK BEREKOR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas VI SD N 1 Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas Tahun 2012/2013. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran melalui permainan bola tolak berekor yang digunakan sebagai alat bantu guru untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas VI SD N 1 Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data siswa kelas VI, wawancara dan observasi (pengamatan) untuk memperoleh data keterampilan siswa yang meliputi aspek psikomotor dan aspek afektif siswa, dan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pemahaman (kognitif) siswa terhadap permainan bola tolak berekor. Hasil pengamatan setiap aspek yang diteliti, yaitu aspek keterampilan gerak siswa (psikomotor), aspek sikap dan perilaku siswa (afektif), dan aspek pemahaman siswa (kognitif) semuanya mengalami peningkatan hasil belajar, baik dari persentase ketuntasan hasil belajar maupun rata-rata kelas. Hanya saja pada persentase ketuntasan afektif yang tidak mengalami peningkatan, namun hasil persentase ketuntasan siklus I saja sudah memenuhi kriteria keberhasilan sangat baik. Pada ratarata skor akhir hasil analisis unjuk kerja siswa dari keseluruhan aspek juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata skor akhir mencapai 72,7 yang memenuhi kriteria baik tetapi belum memenuhi indikator ketuntasan hasil belajar 75, dan siklus II mencapai 82,5 dengan kriteria baik. Sedangkan dari hasil analisis, persentase ketuntasan siklus I adalah 43,3% dengan kriteria keberhasilan sedang dan belum memenuhi indikator persentase ketuntasan hasil belajar 75%, meningkat menjadi 90% dengan kriteria keberhasilan sangat tinggi pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas, terbukti bahwa permainan bola tolak berekor dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru. Oleh karena itu guru penjas orkes peneliti sarankan untuk menggunakan permainan bola tolak berekor sebagai alternatif pembelajaran tolak peluru di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: permainan bola tolak berekor, meningkatkan, hasil belajar
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:14
Last Modified: 07 May 2014 17:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19299

Actions (login required)

View Item View Item