PENINGKATAN HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN PUBOGA DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V SD N KARANGANYAR 01 KEC. TUGU KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Floyan Arista Widayanti, 6101407131 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN PUBOGA DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V SD N KARANGANYAR 01 KEC. TUGU KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN PUBOGA DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V SD N KARANGANYAR 01 KEC. TUGU KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN PUBOGA DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V SD N KARANGANYAR 01 KEC. TUGU KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada di SD N Karanganyar 01 Kec. Tugu Kota Semarang adalah guru kurang menerapkan variasi-variasi dalam mengajar atau monoton,sehingga siswa kesulitan dalam pembelajaran bola voli khususnya pada gerak dasar smash (memukul) dan yang terjadi siswa jenuh dan tidak semangat sehingga banyak siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditentukan sekolah yaitu 75, dari 44 siswa yang ada di kelas V SD N Karanganyar 01 Kec. Tugu Kota Semarang hanya 28 siswa (63,63%) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 16 siswa (36,36%). Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan menumbuhkan minat sehingga pembelajaran yang menyenangkan, aktif, inovatif dan kreatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas V SD N Karanganyar 01 Kec. Tugu Kota Semarang yaitu berjumlah 44 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor dan tes praktek. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian secara klasikal siklus I diperoleh data yaitu ketuntasan belajar secara klasikal siswa yang mencapai tuntas sebanyak 20 siswa atau 45,45% dan siswa yang mendapat kategori belum tuntas sebanyak 24 siswa atau 54,54%). Sedangkan siklus II diperoleh data yaitu ketuntasan belajar secara klasikal siswa yang mencapai tuntas sebanyak 44 siswa atau 100% dan siswa yang mendapat kategori belum tuntas sebanyak 0 siswa atau (0%). Dari penelitian siklus I ke siklus II secara klasikal telah terjadi peningkatan yaitu 24 siswa (45,45%) terjadi peningkatan hasil belajar, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar permainan smash bola voli melalui pendekatan permainan puboga pada siswa kelas V SD N Karanganyar 01 berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran smash bola voli dengan pendekatan permainan lempar pukul bola karet dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti juga mengajukan saran yaitu: 1) bagi siswa tingkatkan semnagat belajar bdalalm kondisi apapun, karena belajar dengan media permainan itu menyenangkan, dan 2) Bagi guru diharapkan dapat memanfaatkan permainan lempar pukul bola karet di sekolah tersebut untuk memberikan proses belajar mengajar yang menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Smash Bola Voli, Permainan Puboga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:51
Last Modified: 07 May 2014 17:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19248

Actions (login required)

View Item View Item