PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN AKTIVITAS LUAR KELAS DALAM MENINGKATAN MINAT BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS V SD NEGERI 01 UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011/2012


Wahyu Setya Kurniawan, 6101407126 (2012) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN AKTIVITAS LUAR KELAS DALAM MENINGKATAN MINAT BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS V SD NEGERI 01 UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN AKTIVITAS LUAR KELAS DALAM MENINGKATAN MINAT BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS V SD NEGERI 01 UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011/2012]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN AKTIVITAS LUAR KELAS DALAM MENINGKATAN MINAT BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS V SD NEGERI 01 UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011/2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah apakah model pembelajaran permainan aktivitas luar kelas yang disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas V dan disesuaikan dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang ada dapat diterapkan pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ungaran Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar agar tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran pernjasorkes bagi siswa kelas V SD Negeri di Ungaran. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research-based devolepment) dari Brog dan Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1)Melakukan penelitian pendahuluan dan mengumpulkan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) Mengembangkan produk awal (yang berupa model permainan aktivitas luar kelas). (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (10siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (30 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran melalui permainan aktivitas luar kelas bagi SD kelas V di Ungaran yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa kelas V SD Negeri 01 Ungaran), dan uji lapangan (30 siswa SD Negeri 01 Ungaran). Data evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua guru penjasorkes SD) diperoleh jawaban untuk kategori tidak baik 0%, kurang baik 0%, cukup baik, 26,7%, baik 50%, dan sangat baik 23,3%. Data uji lapangan hasil kuesioner siswa diperoleh jawaban untuk kategori tidak baik 0%, kurang baik 0%, cukup baik 30%, baik 46,7%, dan sangat baik 23,3%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan model pembelajaran permainan aktivitas luar kelas, mencapai rata-rata 75,5%. Sehingga hasil pengembangan efektif dalam pembelajaran penjasorkes kelas V SD Negeri di Ungaran. Dapat disarankan bagi guru penjasorkes SD Negeri di Ungaran bisa memanfaatkan model pengembangan model pembelajran ini dan dapat menambahkan variasi-variasi lain dalam pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Minat Belajar Penjasorkes
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:48
Last Modified: 07 May 2014 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19245

Actions (login required)

View Item View Item