PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 04 BELIK KABUPATEN PEMALANG


Catur Prasetyo, 1402408227 (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 04 BELIK KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 04 BELIK KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 04 BELIK KABUPATEN PEMALANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 04 Belik Kabupaten Pemalang yang selama ini dilakukan masih cenderung didominasi oleh peran Guru. Guru kurang memperhatikan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa belum maksimal. Tindakan yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru adalah dengan menerapkan model teams games turnament untuk membelajarkan materi sumber daya alam pada siswa kelas V SD Negeri 04 Belik Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus,tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan pre test, tes formatif pada tiap pertemuan, dan post test. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil perolehan angket, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan pengamatan performansi guru. Nilai rata-rata kelas saat pelaksanaan pre test mencapai 53,92 meningkat pada hasil post test menjadi 78,39 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 21,42% menjadi 89,28%. Selain itu, nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 68,78 meningkat pada siklus II menjadi 84,53 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 71,43% menjadi 86,29%. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 74,33% meningkat pada siklus II menjadi 85,23% dan telah mencapai kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Perolehan nilai performansi guru pada siklus I mencapai 82,13 meningkat pada siklus II menjadi 87. Penerapan model teams games turnament telah berhasil meningkatkan pembelajaran IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas V SD Negeri 04 Belik Kabupaten Pemalang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh peneliti disarankan kepada guru untuk menerapkan model teams games turnament dalam kegiatan pembelajaran karena terbukti dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, model teams games turnament,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 May 2014 17:54
Last Modified: 07 May 2014 17:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19233

Actions (login required)

View Item View Item