Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mengidentifikasi Unsur Cerita Anak Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Panggung 11 Kota Tegal.


Monalisa Sherly Sunarto, 1402408226 (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mengidentifikasi Unsur Cerita Anak Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Panggung 11 Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mengidentifikasi Unsur Cerita Anak Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Panggung 11 Kota Tegal.]
Preview
PDF (Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mengidentifikasi Unsur Cerita Anak Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Panggung 11 Kota Tegal.)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyimak berperan penting dalam usaha mempelajari banyak hal khususnya di dunia pendidikan. Setiap pembelajaran di sekolah memerlukan keterampilan menyimak. Guru menyampaikan pembelajaran sebagian besar melalui ujaran atau bahasa lisan. Di sinilah keterampilan menyimak sangat dibutuhkan bagi siswa. Mengingat pentingnya keterampilan menyimak, maka keterampilan menyimak harus diajarkan sejak dini dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Masalah yang dialami siswa ketika mengikuti pembelajaran meyimak yaitu siswa mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi unsur cerita. Unsur cerita itu terdiri dari menjelaskan tokoh, sifat tokoh, menentukan latar, menentukan tema, dan amanat yang terkandung dalam cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita materi mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SD Negeri Panggung 11 Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Panggung 11 Kota Tegal. Pengumpulan data siklus I dan siklus II dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes yang digunakan peneliti berupa tes pilihan ganda. Teknik non tes berupa observasi dan performansi guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua tes dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Nilai tes prasiklus sebesar 58,29 termasuk dalam kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 75,57 termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata keterampilan menyimak dari prasiklus ke siklus I sebesar 17,3 poin atau sebesar 29,6%. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 86,42 mengalami peningkatan sebesar 10,9 poin atau 14,4%. Simpulan keterampilan menyimak cerita anak siswa kelas V SD Negeri Panggung 11 Kota Tegal meningkat setelah menggunakan media audio visual. Saran yang peneliti sampaikan adalah guru hendaknya memberikan variasi-variasi dalam pembelajaran menyimak diantaranya dengan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan aktifitas dan hasil siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akivitas, Hasil belajar, Unsur-unsur cerita, Media audio visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 May 2014 17:51
Last Modified: 07 May 2014 17:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19232

Actions (login required)

View Item View Item