PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MARIBAYA KARANGANYAR PURBALINGGA


Azmi Asvia, 1402408220 (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MARIBAYA KARANGANYAR PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MARIBAYA KARANGANYAR PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MARIBAYA KARANGANYAR PURBALINGGA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar Matematika pada materi Sifat-sifat Bangun Ruang yang diperoleh siswa kelas IV SD Negeri 1 Maribaya Karanganyar Purbalingga tahun ajaran 2010/2011 masih rendah. Hal ini karena dalam menyampaikan pembelajaran matematika, guru masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas yang kurang melibatkan aktivitas siswa dalam melaksanakan berbagai kegiatan pembelajaran. Pembelajaran Matematika Realistik (PMR dapat dijadikan alternatif pendekatan dalam membelajarkan matematika. Pendekatan ini mengarahkan pemahaman siswa pada kenyataan bahwa matematika sangat dekat dengan kehidupan mereka, sehingga belajar Matematika menjadi lebih barmanfaat dan bermakna. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan PMR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru di kelas IV SD Negeri 1 Maribaya Karanganyar Purbalingga pada materi Sifatsifat Bangun Ruang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktvitas, hasil belajar, dan performansi guru dalam pembelajaran matematika materi Sifat-sifat Bangun Ruang di kelas IV SD Negeri 1 Maribaya Karanganyar Purbalingga. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Maribaya Karanganyar Purbalingga tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif dan pengamatan aktivitas belajar siswa serta performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa ≥ 65, dengan persentase ketuntasan minimal 75%, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, dan skor performansi guru minimal B (≥ 71). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 71,26 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,33%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 68,02% dengan kriteria tinggi, dan nilai performansi guru 80,61 (AB). Pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar siswa 84,33 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,66%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 84,17% dengan kriteria sangat tinggi, dan nilai performansi guru 90,23 (A). Hasil tersebut menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulksn bahwa pendekatan PMR terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik, Aktivitas, dan Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 May 2014 17:54
Last Modified: 07 May 2014 17:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19231

Actions (login required)

View Item View Item