PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS III SD NEGERI KEMANDUNGAN 3 KOTA TEGAL
Etika Muslimah, 1402408146 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS III SD NEGERI KEMANDUNGAN 3 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS III SD NEGERI KEMANDUNGAN 3 KOTA TEGAL)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan siswa pada mata pelajaran PKn materi bangga sebagai bangsa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal pada tahun 2010/2011 masih rendah, rata–rata kelas hanya sebesar 67 dan sebanyak 56,7 % siswa belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan karena penyampaian materi pelajaran oleh guru dengan menggunakan metode dan teknik yang kurang tepat. Guru dalam pembelajaran PKn di kelas masih menggunakan metode ceramah yang kadang diselingi dengan tanya jawab kepada siswa. Akibatnya siswa akan merasa jenuh dalam pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diperlukan suatu alternatif pemecahan agar dapat memberi perubahan yang lebih baik dalam pembelajaran PKn. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penelitian yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Bangga Sebagai Bangsa Indonesia melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match Siswa Kelas III SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal”. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melaui tes formatif, pengamatan aktivitas belajar siswa, serta performansi guru. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata kelas mencapai 75, persentase tuntas klasikal sekurang-kurangnya 75% siswa yang mendapatkan skor ≥ 63. Dan skor performansi guru minimal B (71). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 72,03 dengan ketutasa belajar klasikal 62,96% persentase aktivitas belajar siswa 71,76 dan nilai performansi guru 90,39 (A). Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa 75,33 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,67,persentase aktivitas belajar siswa 75,38,dan performansi guru 91,44 (A) Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a match, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF Perpustakaan Unnes |
Date Deposited: | 10 May 2014 12:43 |
Last Modified: | 10 May 2014 12:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19219 |
Actions (login required)
View Item |