PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI TAWANG MAS 01 SEMARANG


MUHAMMAD PLATORI RUFI’ATNA, 1402408144 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI TAWANG MAS 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI TAWANG MAS 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI TAWANG MAS 01 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas VB SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran Matematika. Pengelompokkan siswa didasarkan pada tempat duduk, belum menggunakan media pembelajaran, siswa belum memanfaatkan tutor sebaya, belum adanya penghargaan kelompok serta pemberian kuis dan hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah melalui Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas VB SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas VB SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas melalui STAD berbantuan video pembelajaran terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perilaku pembelajaran guru pada akhir siklus 1 mendapat skor 19 meningkat menjadi 21 di akhir siklus 2, (2) perilaku belajar siswa pada akhir siklus 1 mendapat skor 8,1 meningkat menjadi 12,1 pada akhir siklus 2, (3) iklim pembelajaran mendapat skor 5 meningkat menjadi 8 pada akhir siklus 2, (4) materi pembelajaran mendapatkan skor 3 baik pada akhir siklus 1 maupun siklus 2, (5) media pembelajaran mendapat skor 3 pada akhir siklus 1 meningkat menjadi 4 pada akhir siklus 2, (6) hasil belajar siswa pada akhir siklus 1 rata-rata 72,5 ketuntasan klasikal 76,47% meningkat menjadi rata-rata 81 ketuntasan klasikal 88,23% pada akhir siklus 2. Ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus II > 85% sehingga dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian ini adalah Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas VB SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang. Saran bagi guru adalah menerapkan STAD berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, STAD, Video Pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 10 May 2014 12:43
Last Modified: 10 May 2014 12:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19218

Actions (login required)

View Item View Item