SURVEY KONDISI FISIK DAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI PADA KLUB BOLA VOLI PUTRI BRAVO BANJARNEGARA TAHUN 2012


Dedi Purwanto, 6101406507 (2012) SURVEY KONDISI FISIK DAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI PADA KLUB BOLA VOLI PUTRI BRAVO BANJARNEGARA TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEY KONDISI FISIK DAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI PADA KLUB BOLA VOLI PUTRI BRAVO BANJARNEGARA TAHUN 2012]
Preview
PDF (SURVEY KONDISI FISIK DAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI PADA KLUB BOLA VOLI PUTRI BRAVO BANJARNEGARA TAHUN 2012)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kondisi fisik memegang peranan yang sangat penting dalam upaya melakukan prestasi suatu cabang olahraga. Dalam bola voli Pembinaan kondisi fisik bertujuan untuk membentukan fisik yang kuat serta pengembangan kemampuan yang dimiliki dan senantiasa membentuk mental yang kuat. Teknik adalah cara melakukan atau melaksanakan sesuatu yang mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif. Teknik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan-peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana kondisi fisik pemain bola voli Putri Klub Bola Voli Bravo Banjarnegara Tahun 2012 dan bagaimanakah keterampilan teknik dasar pemain bola voli Putri Klub Bola Voli Bravo Banjarnegara Tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kondisi fisik pemain bola voli pada Klub Bola Voli Putri Bravo Banjarnegara Tahun 2012. Untuk mengetahui tingkat keterampilan teknik dasar pemain bola voli pada Klub Bola Voli Putri Bravo Banjarnegara Tahun 2012. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu semua pemain bola voli Klub Bola Voli Putri Bravo Banjarnegara yang berjumlah 30 orang atlet putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei teknik tes. Prosedur yang dilakukan adalah mempersiapkan instrumen penelitian serta analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kondisi fisik pemain voli pada Klub Bola Voli Putri Bravo Banjarnegara rata-rata untuk atlet 60% kategori baik. Persentase terbesar dari masing-masing aspek kondisi fisik adalah sprint 60 meter dengan 53.34% kategori sedang. Hands Up 50% kategori baik. Sit Up 76.67% kategori baik. Vertical Jump 53.34% kategori baik. Lari 1000 M putri 53.34% kategori sedang. Tingkat kemampuan teknik dasar bola voli pada Klub Bola Voli Putri Bravo Banjarnegara persentase terbesar dari masing-masing aspek adalah untuk smash 73.33% kategori sedang. Servis 73.33% kategori sedang. Passing atas 93.33% kategori baik sekali. Passing bawah 50% kategori baik sekali. .Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah kondisi fisik dapat dimiliki atlet secara maksimal melalui latihan yang diprogram dan direncana dengan baik serta didukung dengan pertandingan yang terencana. Atlet perlu ditambahkan latihan sit up, vertical jump dan pul up, lari 1000 m, agar meningkatkan hasil smash dan service. Atlet perlu ditambahkan latihan smash dan service agar dalam pertandingan-pertandingan bola voli dapat menghasilkan hasil yang maksimal dan prestasi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kondisi fisik dan teknik dasar bola voli.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:48
Last Modified: 10 May 2014 12:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19206

Actions (login required)

View Item View Item