PENINGKATAN PENGUASAAN PRAKTIK SISTEM PENGISIAN DENGAN MENERAPKAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENGUKURAN


M. Rizki Ihsan, 5201407026 (2013) PENINGKATAN PENGUASAAN PRAKTIK SISTEM PENGISIAN DENGAN MENERAPKAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENGUKURAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PENGUASAAN PRAKTIK SISTEM PENGISIAN DENGAN MENERAPKAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENGUKURAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN PENGUASAAN PRAKTIK SISTEM PENGISIAN DENGAN MENERAPKAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENGUKURAN)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) apakah penggunaan metode belajar dengan menggunakan media video berbasis pengukuran praktik sistem pengisian lebih baik dibandingkan media power point, (2) Apakah dengan menggunakan media video berbasis pengukuran praktik sistem pengisian dapat meningkatkan penguasaan praktik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan penguasaan praktik sistem pengisian siswa setelah digunakan media video berbasis pengukuran praktik sistem pengisian. Penelitian ini menggunakan model eksperimendengan pola Pre test- Posttest Control Group Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data penelitian.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI TOKR SMK YPT Kota Tegal semester gasal 2012/2013 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 146 siswa. Sampel diambil dengan metode random, kemudian diperoleh 2 kelas dengan cara undian, 1 kelas sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 31 siswa dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 31 siswa. Kelompok kontrol akan memperoleh pembelajaran dengan media power point, sedangkan kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan menggunakan media video berbasis pengukuran praktik sistem pengisian. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol semula 66,25 meningkat menjadi 70,87 terjadi peningkatan sebesar 3,87%. Sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar semula 58,51 meningkat menjadi 88,50, sehingga terjadi peningkatan sebesar 29,99%. Hasil analisis data cek (checklist)pada kelas kontrol rata-rata nilai 71,38, sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata nilai 86,03, hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada kelas yang menggunakan media video berbasis pengukuran praktik sistem pengisian yaitu kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video berbasis pengukuran dapat meningkatkan penguasaan praktik sistem pengisian siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, praktik sistem pengisiam, media video berbasis pengukuran.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:55
Last Modified: 10 May 2014 12:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19191

Actions (login required)

View Item View Item