PENINGKATAN PENGUASAAN PRAKTIK SISTEM STATER MELALUI MEDIA VIDEO BERBASIS PENGUKURAN


Hariyahya Arfidiansyah, 5201407012 (2013) PENINGKATAN PENGUASAAN PRAKTIK SISTEM STATER MELALUI MEDIA VIDEO BERBASIS PENGUKURAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PENGUASAAN PRAKTIK SISTEM STATER MELALUI MEDIA VIDEO BERBASIS PENGUKURAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN PENGUASAAN PRAKTIK SISTEM STATER MELALUI MEDIA VIDEO BERBASIS PENGUKURAN)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa pada mata diklat kelistrikan otomotif kompetensi sistem starter sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah hasil belajar siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan media video sistem starter berbasis pengukuran lebih baik dibandingkan dengan siswa yang melakukan pembelajaran tanpa menggunakan media video sistem starter berbasis pengukuran. Penelitian ini menggunakan model eksperimen dengan pola Pretest – Posttest Control Group Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI TOKR SMK YPT Kota Tegal peserta Mata Diklat Kelistrikan Otomotif yang terdiri 4 kelas dengan jumlah 147 siswa. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sample (sampel bertujuan) yang kemudian diperoleh 2 kelas, 1 kelas sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 33 siswa dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 33 siswa. Kelompok kontrol akan memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan media video sistem starter, sedangkan kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran menggunakan media video sistem starter. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa rata – rata hasil belajar sub kompetensi sistem starter pada kelompok kontrol yang semula 59,09 meningkat menjadi 76,59 atau terjadi peningkatan sebesar 17,50%. Hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan rata – rata yang cukup signifikan yang semula 56,73 menjadi 87,42 atau mengalami peningkatan sebesar 30,69%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuktikan bahwa pembelajaran menggunakan media video sistem starter berbasis pengukuran efektif digunakan dalam pembelajaran Mata Diklat Kelistrikan Otomotif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peningkatan penguasaan praktik, sistem starter, video berbasis pengukuran
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 13:01
Last Modified: 10 May 2014 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19178

Actions (login required)

View Item View Item