EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) BERBANTUAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA AL – IRSYAD KOTA TEGAL.


Anjas Wijaya Caniago, 7101408219 (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) BERBANTUAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA AL – IRSYAD KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) BERBANTUAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA AL – IRSYAD KOTA TEGAL.]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) BERBANTUAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA AL – IRSYAD KOTA TEGAL.)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembentukan pemahaman konsep pada siswa merupakan suatu proses pembelajaran, aspek pemahaman termasuk dalam ranah kognitif. Dalam meningkatkan pemahaman siswa perlu adanya suatu inovasi dalam pembelajaran yang menuntut siswa untuk berperan aktif yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT. Modul merupakan bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam belajar mandiri dan membantu siswa untuk mempelajari materi selanjutnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan dan ada perbedaan peningkatan pemahaman siswa sehingga pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dikatakan lebih efektif. Penelitian eksperimen tentang model pembelajaran NHT berbantuan modul untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mapel ekonomi kelas X di SMA AL-IRSYAD Tegal. Proses pengambilan sampel dari kelas yang paling homogen dan rata-rata nilai UAN yang tidak jauh berbeda, yaitu kelas X3 sebagai kelas kontrol dan X4 sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian yaitu pemahaman konsep, model NHT berbantuan modul. Pengambilan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan test. Pengujian hipotesis mengunakan uji Paired sample t test, uji independent sample t test dan randomized control group pre test post test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif NHT berbantuan modul dapat meningkatkan pemahaman siswa dan ada perbedaan peningkatan pemahaman siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, serta penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan pembelajaran kooperatif NHT. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan pada kelas eksperimen mencapai 88,46% dan kelas kontol 71,42%. Pada rekapitulasi lembar aktivitas siswa perolehan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen 81% dan kelas kontrol 76%. Penerapan model NHT berbantuan modul dapat meningkatkan pemahaman konsep dan mampu menghasilkan nilai yang lebih tinggi pada kompetensi dasar masalah ekonomi dalam kaitannya kebutuhan dan kelangkaan dan lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah berbantuan modul. Saran dalam penelitian ini yaitu perlu adanya intensitas dalam menerapkan pembelajaran kooperatif NHT sehingga siswa lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya dan guru perlu memvariasikan pembelajaran kooperatif NHT dengan bahan ajar selain modul agar memperoleh pemahaman konsep yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Numbered Heads Together, Modul Pembelajaran.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 11:33
Last Modified: 12 May 2014 11:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19160

Actions (login required)

View Item View Item