EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK WIDYA PRAJA UNGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013


Ngatiyem, 7101408200 (2012) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK WIDYA PRAJA UNGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK WIDYA PRAJA UNGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK WIDYA PRAJA UNGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas X SMK Widya Praja Ungaran kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi masih di bawah KKM (70 KKM Individual dan 75% KKM Klasikal). Dari data nilai siswa kelas X Akuntansi pada kompetensi dasar menunjukan 62,37% siswa belum mencapai KKM klasikal, sementara KKM klasikal yang berlaku adalah 75%. Keadaan ini disebabkan siswa merasa jenuh karena dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah. Hal ini menjadi salah atau indikasi bahwa untuk materi persamaan dasar akuntansi perlu inovasi model pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi, hasil belajar dengan model pembelajaran TGT lebih tinggi dibanding model konvensional pada kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Widya Praja Ungaran Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Widya Praja Ungaran tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 81 siswa. Sampel penelitian dilakukan dengan cara diundi dan didapat kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan yang dipakai yaitu metode tes dan metode observasi. Pengujian H1 menggunakan uji paired sample t test dan uji H2 menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dilihat dari rata-rata nilai pre test yaitu 69,36 dan post test sebesar 74,79 pada kelas eksperimen. Selain itu menunjukan hasil bahwa hasil rata-rata nilai post test kelas eksperimen sebesar 82,50 lebih tinggi dibanding kelas kontrol sebesar 74,73. Berdasarkan penelitian di atas maka disimpulkan bahwa metode pembelajaran tipe Teams Gamse Tournament dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi pada kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi, sehingga disarankan agar guru menggunakan metode pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT). Selain itu, siswa hendaknya dapat mengikuti pembelajaran TGT dengan sungguh-sungguh karena mempunyai banyak keunggulan diantaranya mampu mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, dapat menimbulkan semangat gotong royong rasa solidaritas, mampu menimbulkan rasa tanggung jawab dalam diri siswa, dan mampu mengembangkan kemampuan memimpin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Persamaan Dasar Akuntansi, Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 11:36
Last Modified: 12 May 2014 11:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19155

Actions (login required)

View Item View Item