PENGARUH IKLIM DAN LINGKUNGAN ALAM KABUPATEN WONOSOBO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR SMK NEGERI SEKABUPATEN WONOSOBO DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Demi Yan Triani Siwi, 7101408179 (2012) PENGARUH IKLIM DAN LINGKUNGAN ALAM KABUPATEN WONOSOBO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR SMK NEGERI SEKABUPATEN WONOSOBO DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH IKLIM DAN LINGKUNGAN ALAM KABUPATEN WONOSOBO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR SMK NEGERI SEKABUPATEN WONOSOBO DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING]
Preview
PDF (PENGARUH IKLIM DAN LINGKUNGAN ALAM KABUPATEN WONOSOBO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR SMK NEGERI SEKABUPATEN WONOSOBO DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SMK, diketahui bahwa aktivitas belajar mengajar di Kabupaten Wonosobo belum efektif. Padahal aktivitas belajar mengajar adalah kegiatan yang paling pokok dalam proses pendidikan. Dari data observasi pendahuluan, faktor yang diduga mempengaruhi aktivitas belajar mengajar SMK di Kabupaten Wonosobo diantaranya iklim, lingkungan alam, dan motivasi belajar. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tak langsung variabel iklim, dan lingkungan alam terhadap aktivitas belajar mengajar SMK Negeri se-Kabupaten Wonosobo dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa kelas X SMK Negeri se-Kabupaten Wonosobo tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 4123 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah masing-masing 20 guru dan 20 siswa kelas X pada lima SMK Negeri se-Kabupaten Wonosobo sebanyak 200 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada guru dan siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh langsung maupun tak langsung variabel iklim dan lingkungan alam terhadap aktivitas belajar mengajar kelas X SMK Negeri se-Kabupaten Wonosobo dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening, hal ini dibuktikan dengan persamaan hasil analisis jalur yaitu P=0,265X1+0,388X2+0,810 serta Y=0,149X1+0,146X2+0,616P+0,601, selain itu besarnya pengaruh secara parsial maupun simultan bersifat positif. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa secara langsung maupun tak langsung variabel iklim dan lingkungan alam berpengaruh terhadap aktivitas belajar mengajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Saran yang dapat diberikan yaitu sekolah hendaknya melestarikan dan memperkaya lingkungan biotik melalui perawatan taman dan penambahan pepohonan di lingkungan sekolah. Selain itu guru diharapkan untuk mampu menciptakan dan memelihara suasana belajar yang nyaman di dalam kelas sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa agar tujuan aktivitas belajar mengajar dapat tercapai. Sedangkan siswa hendaknya lebih tekun untuk mengerjakan tugas, lebih ulet menghadapi kesulitan, lebih menunjukkan minat untuk sukses dan lebih senang mencari dan memecahkan soal-soal sehingga aktivitas belajar mengajar berjalan lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklim, Lingkungan Alam, Motivasi Belajar, dan Aktivitas Belajar Mengajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 12:05
Last Modified: 12 May 2014 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19125

Actions (login required)

View Item View Item