PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN REKONSILIASI BANK PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)


Emy Kurniasih, 7101408174 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN REKONSILIASI BANK PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN REKONSILIASI BANK PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN REKONSILIASI BANK PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi dasar menyusun laporan rekonsiliasi bank menjadi materi yang dianggap sulit bagi sebagian besar siswa karena perlu pemahaman untuk mengidentifikasi, kemampuan analisis dan keterampilan praktek. Dari data nilai siswa kelas XI Akuntansi pada materi rekonsiliasi bank menunjukkan 49 % siswa belum mencapai KKM klasikal sebesar 75 %. Hal ini menjadi salah satu indikasi bahwa untuk materi menyusun laporan rekonsiliasi bank perlu inovasi model pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi. Model pembelajaran tipe TAI menjadi salah satu metode pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa setelah perlakuan, (2) Hasil belajar siswa dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK di SMK N 1 Kudus tahun ajaran 2012/2013, yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 128 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan metode random sampling dan cara undian yang kemudian didapat kelas XI AK 3 sebagai kelas eksperimen dan XI AK 2 sebagai kelas kontrol masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Metode pengumpulan data yaitu dengan metode tes dan metode observasi. Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-tets dan uji H2 menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 61,75 dan post-test sebesar 85,84 pada kelas eksperimen. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 85,84 lebih tinggi dibandingkan post-test kelas kontrol sebesar 80,25. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menyusun laporan rekonsiliasi bank. Dalam penerapannya, guru hendaknya perlu mempelajari dan memahami model pembelajaran kooperatif tipe TAI agar dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Laporan Rekonsiliasi Bank
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 12:05
Last Modified: 12 May 2014 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19124

Actions (login required)

View Item View Item