KOMPARASI HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN DASAR SURAT MENYURAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW KELAS X AP 1 DENGAN X AP 2 SMK WIDYA MANGGALA PURBALINGGA


Ety Purnaningsih, 7101408154 (2012) KOMPARASI HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN DASAR SURAT MENYURAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW KELAS X AP 1 DENGAN X AP 2 SMK WIDYA MANGGALA PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPARASI HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN DASAR SURAT MENYURAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW KELAS X AP 1 DENGAN X AP 2 SMK WIDYA MANGGALA PURBALINGGA]
Preview
PDF (KOMPARASI HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN DASAR SURAT MENYURAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW KELAS X AP 1 DENGAN X AP 2 SMK WIDYA MANGGALA PURBALINGGA)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah diharapkan mampu menciptakan kondisi belajar yang dapat mengarahkan siswa melakukan aktivitas belajar secara efektif dan efisien. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Hasil observasi awal di SMK Widya Manggala Purbalingga diperoleh data bahwa pembelajaran surat menyurat di kelas X AP memiliki indikasi belajar yang belum memenuhi KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan hasil belajar pokok bahasan dasar surat menyurat melalui model pembelajaran Jigsaw siswa kelas X AP 1 dengan X AP 2 di SMK Widya Manggala Purbalingga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK Widya Manggala Purbalingga tahun ajaran 2011/2012. Kelas X AP 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X AP 2 sebagai kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi dan tes. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik atau inferensial menggunakan SPSS 17 for Windows. Analisis Inferensial dilakukan dengan uji independent sample T-test. Hasil penelitian menyatakan bahwa data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama (homogen). Pengujian independent sample T-test membuktikan bahwa nilai signifikansi (α) < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan nilai thitung bernilai positif. Artinya, ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen 1 yaitu sebesar 8,67 dan kelas eksperimen 2 sebesar 8,24, karena nilai thitung positif maka rata-rata nilai kelas eksperimen 1 lebih tinggi dari kelas eksperimen 2. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa kelas X AP 1 dengan X AP 2 yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw pokok bahasan dasar surat menyurat kelas X AP SMK Widya Manggala Purbalingga. Saran dalam penelitian ini adalah guru perlu menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada pokok bahasan dasar surat menyurat agar hasil belajar meningkat dan dapat memotivasi siswa agar lebih aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 12:05
Last Modified: 12 May 2014 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19122

Actions (login required)

View Item View Item