PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI SISWA KELAS X AP 1 SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013
Arif Bagus Wibowo, 7101408153 (2013) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI SISWA KELAS X AP 1 SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI SISWA KELAS X AP 1 SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi masih cenderung menggunakan metode ceramah tanpa variasi. Hal tersebut mengakibatkan suasana pembelajaran dikelas jauh dari menyenangkan dan menggairahkan. Selain itu siswa juga dinilai kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, terlihat dari masih sedikitnya siswa yang berani mengemukakan pendapat. Keaktifan siswa yang sangat kurang tersebut mengakibatkan hasil evaluasi siswa juga kurang maksimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi pada siswa kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi pada siswa kelas X AP di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus sejumlah 42 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis datanya menggunakan deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor pengamatan kinerja guru pada siklus I sebesar 66% dan pada siklus II 80% dan untuk aktivitas siswa mengalami kenaikan dari siklus I yang dalam kategori cukup dan pada siklus II meningkat pada kategori baik. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini tidak lepas dari refleksi hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I. Hasil dari refleksi pada siklus I juga mempengaruhi peningkatan hasil tes pada siklus II. Terbukti dari ketuntasan siswa pada siklus I yaitu 66,67% dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 85,71%. Simpulan dalam penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan kinerja guru dan aktivitas siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada kompetensi dasar Mengidentifikasi Proses Komunikasi mengalami peningkatan secara konsisten yang diikuti peningkatan hasil belajar. Saran dalam penelitian ini yaitu guru diharapkan tidak hanya menjalankan proses belajar mengajar dengan teori saja, melainkan teori-teori tersebut diterapkan langsung
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 22786 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2014 13:41 |
Last Modified: | 12 May 2014 13:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19119 |
Actions (login required)
View Item |