PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang dalam Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran)


Eko Kurniawan, 7101408089 (2012) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang dalam Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang dalam Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran)]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang dalam Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar pada hakikatnya adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku. Motivasi belajar siswa diantaranya dipengaruhi oleh faktor dari luar diri siswa yakni kompetensi profesional guru dan lingkungan belajar. Berdasarkan hasil observasi awal ada indikasi bahwa motivasi belajar siswa kelas XI jurusan AP SMK Antonius Semarang pada kompetensi keahlian administrasi perkantoran masih rendah. Perumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa. (2) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa. (3) Adakah pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswaTujuan penelitian ini untuk membuktikan: (1) Pengaruh kompetensi profesional guru dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa, (2) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa, (3) Pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Antonius Semarrang berjumlah 64 siswa. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari jumlah populasi (sampel jenuh). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS release 16. Hasil penilitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 8,376 + 0,155X1 + 0,547X2 + e. Uji F diperoleh Fhitung = 23,642, sehingga Ha diterima. Secara parsial (uji t) variabel Kompetensi profesional guru (X1) diperoleh thitung = 1,638, sehungga Ha diterima. Variabel Lingkungan belajar (X2) diperoleh thitung = 4,431, sehingga Ha diterima. Secara simultan (R2) kompetensi profesional guru dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 41,8% Simpulan penelitian ini adalah kompetensi profesional guru dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah Guru perlu meningkatkan kompetensi yang dimilikinya yakni lebih memaksimal dalam menggunakan media/sumber dan teknologi serta penyelenggaraan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:13
Last Modified: 16 May 2014 10:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19060

Actions (login required)

View Item View Item