MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VII D SMP NEGERI 3 DEMPET KABUPATEN DEMAK


Selda Agustina, 7101408079 (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VII D SMP NEGERI 3 DEMPET KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VII D SMP NEGERI 3 DEMPET KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VII D SMP NEGERI 3 DEMPET KABUPATEN DEMAK)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan materi IPS Ekonomi, sehingga mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. IPS Ekonomi merupakan materi yang sifatnya luas yang sesuai dengan keadaan sehari-hari, ini berdampak pula pada pola pembelajaran yang seharusnya lebih menekankan dalam aspek pemahaman yang lebih luas sehingga siswa menjadi mudah dalam memahami materi IPS Ekonomi khususnya materi manusia sebagai makhluk ekonomi dan makhluk sosial. Salah satu model pembelajaran yang cocok dengan materi manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi adalah model pembelajaran snowball throwing. Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing siswa pengetahuannya akan bertambah luas sebab peserta didik akan mendapat soal dari materi yang berbeda dari kelompoknya dan jawabannya. Hal tersebut akan membuat siswa mencari dan pengetahuan siswa dapat berkembang karena peserta didik tidak hanya mendapat satu materi saja. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII D yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) siklus, yang nantinya kelas VII D mendapat tindakan siklus. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yakni : faktor guru (cara guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan model pembelajaran Snowball Throwing), faktor siswa (aktifitas dan hasil belajar siswa). Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis datanya menggunakan metode deskriptif dengan cara hasil belajar siswa setelah tindakan. Berdasarkan hasil observasi dan refleksi siklus I menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dari nilai awal sebelum siswa diberi tindakan siklus I, berdasarkan hasil perhitungan siklus I kemampuan kognitif siswa dari 26 siswa kelas VII D terdapat 15 siswa yang tuntas dan 11 siswa yang masih belum tuntas, dengan nilai rata-rata sebesar 7,3, sedangkan pada skor awal sebelum diadakan tindakan siklus I terdapat 10 siswa yang tuntas dan 16 siswa belum tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 7,0. Akan tetapi kegiatan pada siklus I masih perlu diulang kembali agar hasil belajar dan ketuntasan belajar dapat lebih ditingkatkan. Pada siklus II terlihat jelas ada peningkatan hasil belajar yang dicapai dengan nilai rata-rata mencapai 9,0 dan dari segi kognitif ada 3 siswa yang belum tuntas. x Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Dempet pada pokok bahasan manusia sebagai makhluk ekonomi dan makhluk sosial. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru hendaknya lebih menekankan model pembelajaran yang akan dipergunakan ketika akan menjelaskan materi agar disesuaikan dengan tujuan, materi, waktu, sarana, karakteristik siswa, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Snowball Throwing.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:13
Last Modified: 16 May 2014 10:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19055

Actions (login required)

View Item View Item