PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ( Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Temanggung Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor)


Syarif Muhammad Irshad, 7101408068 (2013) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ( Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Temanggung Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ( Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Temanggung Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor)]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ( Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Temanggung Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan siswa dalam mempelajari materi yang disampaikan selama periode tertentu, untuk mengetahui hasil belajar siswa guru perlu mengadakan evaluasi atas kemampuan siswa saat memahami materi yang telah disampaikan melalui hasil evaluasi tersebut, maka dapat dilihat hasil belajar yang diperoleh siswa, hasil belajar juga dipengaruhi beberapa faktor yang diantaranya adalah kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar. Berdasarkan hasil observasi awal ada indikasi bahwa hasil belajar siswa kelas X prodi AP SMK N 2 Temanggung pada kompetensi dasar menggunakan peralatan kantor masih kurang. Perumusan masalah penelitian ini adalah: (1)Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa? (2)Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa? (3)Adakah pengaruh kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa?(1)Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa, (2)Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, (3)Pengaruh kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran SMK N 2 Temanggung berjumlah 74 siswa. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari jumlah populasi (sampel jenuh). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS release 16. Hasil penilitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 10.570 + 0.531X1 + 0.412 X2 + e. Uji F diperoleh Fhitung = 20,658, sehingga H3 diterima. Secara parsial (uji t) variabel Kompetensi profesional guru (X1) diperoleh thitung = 2,592, sehungga H1 diterima. Variabel Fasilitas belajar (X2) diperoleh thitung = 3,459, sehingga H2 diterima. Secara simultan (R2) kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 35,7%. Simpulan penelitian ini adalah kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah diharapkan guru untuk lebih banyak belajar lagi dan mengikuti pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuannya dalam aspek mengelola program belajar mengajar, mampu memanfaatkan pembelajaran di luar kelas dengan baik seperti memanfaatkan fasilitas perpustakaan dan mengunjungi badan arsip daerah dalam menunjang kegiatan pembelajaran, lebih memperhatikan aspek kreatifitas dan inisiatif siswa misalnya melalui pemberian tugas individu maupun kelompok untuk mencari informasi terbaru yang terkait kompetensi dasar menggunakan peralatan kantor

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:30
Last Modified: 16 May 2014 10:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19050

Actions (login required)

View Item View Item