Pengaruh Latihan Forehand Drive Dengan Metode Three Ball Groundstroke dan Forehand Only Terhadap Kemampuan Forehand Drive Pada Pemain Tenis Klub Phapros Semarang Tahun 2012


Lazuardy Akbar Fauzan, 6301408134 (2012) Pengaruh Latihan Forehand Drive Dengan Metode Three Ball Groundstroke dan Forehand Only Terhadap Kemampuan Forehand Drive Pada Pemain Tenis Klub Phapros Semarang Tahun 2012. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Latihan Forehand Drive Dengan Metode Three Ball Groundstroke dan Forehand Only Terhadap Kemampuan Forehand Drive Pada Pemain Tenis Klub Phapros Semarang Tahun 2012]
Preview
PDF (Pengaruh Latihan Forehand Drive Dengan Metode Three Ball Groundstroke dan Forehand Only Terhadap Kemampuan Forehand Drive Pada Pemain Tenis Klub Phapros Semarang Tahun 2012)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh latihan forehand drive dengan metode three ball groundstroke terhadap kemampuan forehand drive pada pemain tenis Klub Phapros Semarang tahun 2012?, 2) Apakah ada pengaruh latihan forehand drive dengan metode forehand only terhadap kemampuan forehand drive pada pemain tenis Klub Phapros Semarang tahun 2012?, 3) Manakah yang lebih baik antara latihan forehand drive dengan metode three ball groundstroke dan forehand only terhadap kemampuan forehand drive pada pemain tenis Klub Phapros Semarang tahun 2012?. Variabel penelitian ini adalah kemampuan forehand drive pemain tenis. Variabel bebas penelitian ini adalah latihan forehand dengan metode three ball groundstroke dan forehand only. Populasi penelitian ini adalah pemain tenis Klub Phapros Semarang tahun 2012. Sempel penelitian ini adalah pemain tenis Klub Phapros Semarang tahun 2012 yang berjumlah 16 orang. Penulis menggunakan hewitt tennis achievement test untuk mengetahui kemampuan forehand drive. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh latihan forehand drive dengan metode three ball grounstroke terhadap kemampuan forehand drive dimana diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel 17,28 > 2,365. Ada pengaruh latihan forehand drive dengan metode forehand only dimana diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel 8,05 > 2,365. Latihan forehand drive dengan metode three ball groundstroke lebih optimal dalam meningkatkan kemampuan forehand drive dibanding dengan latihan forehand only, dimana diperoleh diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 3.11 > 2.365. Saran dalam penelitian ini adalah 1) Latihan dengan metode three ball groundstroke dapat dijadikan referensi pelatih dan pembina klub tenis untuk menambah variasi dalam melatih kemampuan forehand, 2) Bagi pelatih dan pembina klub tenis disarankan menggunakan metode latihan three ball groundstroke dalam melatih kemampuan forehand, 3) Bagi peneliti lain yang tertarik dengan permasalahan ini disarankan untuk meneliti kembali.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Latihan Forehand Drive
Subjects: L Education > L Education (General)
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:35
Last Modified: 16 May 2014 10:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19041

Actions (login required)

View Item View Item