PROFIL TINGKAT PEMAHAMAN MATERI AKTIVITAS RITMIK TERHADAP GURU PENJASORKES SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TULIS KABUPATEN BATANG TAHUN 2012
Yunan Primanda, 6301408125 (2013) PROFIL TINGKAT PEMAHAMAN MATERI AKTIVITAS RITMIK TERHADAP GURU PENJASORKES SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TULIS KABUPATEN BATANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PROFIL TINGKAT PEMAHAMAN MATERI AKTIVITAS RITMIK TERHADAP GURU PENJASORKES SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TULIS KABUPATEN BATANG TAHUN 2012)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah sejauhmana tingkat pemahaman materi aktivitas ritmik terhadap guru penjasorkes sekolah dasar se-Kecamatan Tulis kabupaten Batang tahun 2012?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana tingkat pemahaman materi aktivitas ritmik terhadap guru penjasorkes sekolah dasar se-kecamatan Tulis kabupaten Batang tahun 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes sekolah dasar se-kecamatan Tulis kabupaten Batang, populasi berjumlah 30 guru penjasorkes dari 25 sekolah dasar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Dari keseluruhan jumlah guru penjasorkes sekolah dasar yang ada di kecamatan Tulis kabupaten Batang. Metode pengambilan data menggunakan angket/kuesioner yang dibagikan kepada guru penjasorkes sekolah dasar se-kecamatan Tulis kabupaten Batang. Data dari hasil tes diolah dengan metode analisis deskriptif persentase. Hasil analisis data penelitian ini, menunjukkan bahwa sebanyak 22 guru penjasorkes (73,3%) tingkat pemahaman materi aktivitas ritmik termasuk dalam kriteria baik dan 8 guru penjasorkes (26,7%) tingkat pemahaman materi aktivitas ritmik termasuk dalam kriteria tidak baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan secara rerata tingkat pemahaman materi aktivitas ritmik terhadap guru penjasorkes sekolah dasar se-kecamatan Tulis kabupaten Batang tahun 2012 sebesar 55% dan termasuk dalam kriteria baik. Saran yang dapat penulis berikan sebagai berikut: 1) Dengan pemahaman yang telah dimiliki dalam kriteria baik, hendaknya para guru penjasorkes untuk dapat mempertahankan kemampuannya tersebut dan lebih meningkatkan kinerjanya agar mutu pembelajaran semakin baik. 2) Bagi kepala sekolah dan pengelola diharapkan dapat menyediakan sarana dan prasarana sebagai penunjang dalam pembelajaran aktivitas ritmik, yang bertujuan tercapainya pembelajaran aktivitas ritmik yang efektif dan optimal. 3) Besar harapan ada penelitian sejenis yang mengkaji aktivitas ritmik dalam cakupan yang lebih luas
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman, Materi Aktivitas Ritmik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Physical fitness |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1 |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 16 May 2014 10:39 |
Last Modified: | 16 May 2014 10:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19036 |
Actions (login required)
View Item |