PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN, DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA SE-KABUPATEN KEBUMEN


Dewi Sawitri, 7101408026 (2012) PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN, DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA SE-KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN, DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA SE-KABUPATEN KEBUMEN]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN, DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA SE-KABUPATEN KEBUMEN)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan pengawas mata pelajaran ekonomi didapatkan bahwa kinerja guru di Kabupaten Kebumen masih belum optimal padahal kinerja guru yang optimal adalah yang memenuhi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Upaya untuk meningkatkan kinerja guru diduga dapat dilakukan dengan kepemimpinan kepala sekolah, disiplin, dan pemanfaatan sarana prasarana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh simultan dan parsial persepsi kepemimpinan kepala sekolah, disiplin, dan pemanfaatan sarana prasarana terhadap kinerja guru ekonomi SMA se-Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yaitu guru ekonomi SMA se-Kabupaten Kebumen sebanyak 38 guru. Variabel penelitiannya yaitu variabel terikat adalah kinerja guru dan variabel bebas adalah persepsi kepemimpinan kepala sekolah, disiplin, dan pemanfaatan sarana prasarana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Metode analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi kepemimpinan kepala sekolah, disiplin, dan pemanfaatan sarana prasarana terhadap kinerja guru ekonomi SMA se-Kabupaten Kebumen secara simultan sebesar 50% dan secara parsial untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah sebesar 15,52%, disiplin sebesar 17,05% dan pemanfaatan sarana prasarana sebesar 11,56%. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh persepsi kepemimpinan kepala sekolah, disiplin, dan pemanfaatan sarana prasarana terhadap kinerja guru ekonomi SMA se-Kabupaten Kebumen baik secara simultan maupun parsial. Saran yang dapat diberikan yaitu guru ekonomi seharusnya melakukan penelitian tindakan kelas, kepala sekolah kepala sekolah sebaiknya meningkatkan lagi kompetensi terutama kunjungan kelas, guru hendaknya lebih taat lagi dalam mematuhi peraturan sekolah, serta guru hendaknya lebih sering memanfaatkan laboratorium IPS untuk kepentingan belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Persepsi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin, Pemanfaatan Sarana Prasarana
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:39
Last Modified: 16 May 2014 10:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19031

Actions (login required)

View Item View Item