KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS GALLERY WALK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII
Wahyu Nur Utami, 4101409099 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS GALLERY WALK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS GALLERY WALK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII)
Download (10MB) | Preview |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbasis Gallery Walk dapat mencapai batas nilai Kriteria KKM yaitu 70? (2) apakah kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbasis Gallery Walk dapat mencapai ketuntasan klasikal yaitu 75%? (3) apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbasis Gallery Walk lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran ekspositori? (4) apakah persentase ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbasis Gallery Walk lebih dari persentase ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran ekspositori? dan (5) apakah aktivitas siswa yang ditimbulkan oleh model pembelajaran Problem Solving berbasis Gallery Walk berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 24 Semarang. Sampel diambil secara cluster random sampling dan terpilih kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan belajar, uji perbedaan dua rata-rata, dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, uji rata-rata menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen telah mencapai KKM. Uji proporsi juga menunjukkan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal. Uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan aktivitas yang ditimbulkan model pembelajaran Problem Solving berbasis Gallery Walk mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 80%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran Problem Solving berbasis Gallery Walk efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 24 Semarang pada materi pokok segiempat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, Gallery Walk, kemampuan pemecahan masalah, segiempat. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 16 May 2014 10:50 |
Last Modified: | 16 May 2014 10:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19002 |
Actions (login required)
View Item |