STUDI KOMPARASI MINAT KONSUMEN AIYTARA AKSESORIS DARI BATUAN AKRILIK DENGAN AKSESORIS DARI RAJUT BAGI IBU.IBU PKK DI DESA BAKALAN KRAPYAK KECAMA'TAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS


Sri TFulan, s4s1407*09 (2013) STUDI KOMPARASI MINAT KONSUMEN AIYTARA AKSESORIS DARI BATUAN AKRILIK DENGAN AKSESORIS DARI RAJUT BAGI IBU.IBU PKK DI DESA BAKALAN KRAPYAK KECAMA'TAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI KOMPARASI MINAT KONSUMEN AIYTARA AKSESORIS DARI BATUAN AKRILIK DENGAN AKSESORIS DARI RAJUT BAGI IBU.IBU PKK DI DESA BAKALAN KRAPYAK KECAMA'TAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (STUDI KOMPARASI MINAT KONSUMEN AIYTARA AKSESORIS DARI BATUAN AKRILIK DENGAN AKSESORIS DARI RAJUT BAGI IBU.IBU PKK DI DESA BAKALAN KRAPYAK KECAMA'TAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS)
Download (44MB) | Preview

Abstract

Aksesoris pelengkap busana yang semakin dibutuhkan dari masa ke masuL Disamping memiliki nilai firngsi, aksesoris juga memiliki nilai estetika yang mampu mengangkat penampilan pemakainya. Selera konsumen dalam memilih dan menggunakan aksesoris berbeda-beda dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstinsik. Berdasarkan alasan tersebut menyediakan beragarn jenis aksesoris untuk konsumen- Tetapi hat ioi menjadi masalah barubagi pedagang. Akibafiryaperputaran keuangan menjadi lanrbat. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan pedageng terhadap selera konsumen. Berdasmkan hasil observasi dan wawancara kepada lbu-ibu PKK di Desa Bakalan Krapyak Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus diperoleh keterangan bahwa aksesoris yang mayoritas mereka sukai adatah jenis aksesoris dari batuan alailik dan ra$ut. Banyak pendapat yaog mereka utarakan berkaitan dengan keunggulan kedua aksesoris tersebut. Ada yang menyukai aksesoris dari batuan ahilik karera terlihat glamour, ada juga yang menyukai aksesoris dmi rajut karena terlihat rmik dau menarik. Penelitian ini berttrjuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan jumlah antara peminat aksesoris dari batuan akritik dengan peminat (konsumen) aksesoris rajut serta jenis aksesoris yang lebih banyak diminati dsi digunakan oleh ibu-ibu PKK di Desa Bakalan Krapyak Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pe,ndekatan kuantitatif. Sampel data penelitian ini adalah ibu-ibu PKK wakil di 10 dulelh Desa Bakalan Krapyak Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus yang diambil dengan metode area probability sample. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan anglet yang terdiri dari soal identifikasi, soal pemahaman aksesoris, dan soal minat konsumen Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-tes (uji beda rata-mta) unhrk mengetahui perbandingan minat ibu-ibu PKK sebagai konsumen kedua jenis a}sesoris tersebut. Ilasil penelitian yang diperoleh dari 276 responden ibu-ibu PKK unakil 10 dulaft di Desa Bakalan Krapyak Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus yang berminat pada aksesoris dari batuan akrilik sejumlah 182 orang (65,9y*), sedangkan yang berminat pada aksesoris dari rajut sejurrlah 94 orang {34,1W. Perhitungan secara statistik diperoleh tr,iure = 2A,93689 dan tat"r : 1,99 dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga Huyang berbunyi *ada perbedaan antara peminat ftonsumen) aksesoris daxi batuan alailik dengan pemninat (konsumen) aksesoris dari rajut bagi ibu-ibu PKK di Desa Bakalan Krapyak Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus' diterima. Hal ini menunju*lcan bahwa aksesoris yang mayoritas diminati oleh ibu-ibu PKK adalalt aksesoris yang terbuat dari batuanakdlik. sinopulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini yaitu (l) ada perbedaan yang signifikan antara jumlah peminat (konstrmen) aksesoris dari batuan akdlik dengan aksesoris dari rajut bagi ibu-ibu PKK di Desa Bakalan Krapyak Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, (2) jumlah responden yang benninat ke,pada aksesoris dari batuan akrilik sebesar 182 orang dan respnden yang benninat kepada aksesoris dari rajut sebesar 94 orang. Saran bagi produsen alau pedagang aksesoris adalah perlu meningkatkan pengetahuan dan kepekaan terhadap apa yang menjadi selera konsumen sehingga akan memperlancar perputaran keuangan dalam perdagangan. Sedangkan saran bagi konsumen adatah sebaiknya ibu-ibu PKK perlu meningkatkan pemalranran, pengetahuan, dan tentang berbagai rmcam jenis aksesoris dan penggunaanya agar sesuai dengan busana yang dikenakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat konsumen, aksesoris, batuan akrihlt dan rajut.
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:50
Last Modified: 16 May 2014 10:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18997

Actions (login required)

View Item View Item