ANALISIS FAKTOR YANG MENENTUKAN MOTIVASI BELAJAR MATA DIKLAT MENGELOLA DAN MENJAGA SISTEM KEARSIPAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SLAWI


Budi Susanto, 7101407240 (2013) ANALISIS FAKTOR YANG MENENTUKAN MOTIVASI BELAJAR MATA DIKLAT MENGELOLA DAN MENJAGA SISTEM KEARSIPAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SLAWI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR YANG MENENTUKAN MOTIVASI BELAJAR MATA DIKLAT MENGELOLA DAN MENJAGA SISTEM KEARSIPAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SLAWI]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR YANG MENENTUKAN MOTIVASI BELAJAR MATA DIKLAT MENGELOLA DAN MENJAGA SISTEM KEARSIPAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SLAWI)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Seseorang yang mempunyai motivasi tinggi akan kelihatan lebih tertarik terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Aplikasi motivasi belajar tinggi siswa pada mata diklat mengelola dan menjaga sistem kearsipan yaitu siswa lebih antusias saat menghadapi mata pelajaran yang diajarkan oleh guru dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dengan motivasi tinggi ini akan memudahkan seorang guru di dalam proses kegiatan belajar mengajar (PBM) mengelola dan menjaga sistem kearsipan sehingga tujuan dari pendidikan nasional akan dapat tercapai. SMK Negeri 1 Slawi adalah salah satu SMK Negeri yang berada di Kabupaten Tegal. Sebagai SMK Negeri yang berprestasi, SMK Negeri 1 Slawi memiliki input siswa yang baik. Motivasi belajar siswa kelas XI jurusan Adm. Perkantoran (AP) SMK Negeri 1 Slawi mata diklat mengelola dan menjaga sistem kearsipan sudah baik ditandai dengan hasil belajar yang sudah melebihi batas ketuntasan minimum. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata nilai tugas dan UTS yang tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik sampling. Penentuan sample dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sistem random sampling adalah sistem pengambilan sample dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Jumlah sample yang digunakan masing-masing kelas sebesar 20 dari total populasi 120 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan menggunakan angket. Dalam penelitian ini digunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai mata diklat mengelola dan menjaga sistem kearsipan. Berdasarkan analisis deskriptif kualitatif menunjukan bahwa motivasi siswa dalam mengidentifikasi kebutuhan organisasi sangat baik. Hal ini ditandai dengan sebanyak 51 siswa sebesar 85 % siswa baik dalam bertanggung jawab mengidentifikasi kebutuhan organisasi. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Motivasi siswa mengenai mengidentifikasi kebutuhan organisasi jurusan administrasi perkantoran SMK Negeri 01 Slawi sangat baik. Hal ini ditunjukan sebanyak 51 siswa sebesar 85 % siswa sangat baik dalm bertanggung jawab mengidentifikasi kebutuhan organisasi. Motivasi siswa mengenai mengelola dokumen sesuai sistem jurusan administrasi perkantoran SMK Negeri 01 Slawi sangat baik. Hal ini ditunjukan sebanyak 56 responden ix (93,3 %) siswa sangat baik mencari umpan balik dalam menyimpan dokumen kantor. Motivasi siswa mengenai menjaga sistem kearsipan jurusan administrasi perkantoran SMK Negeri 01 Slawi sangat baik. Hal ini di tunjukan sebesar 60 siswa (100 %) siswa sangat baik berinteraksi dengan teman dalam memonitor dokumen. Saran penulis selanjutnya yaitu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai menemukan cara-cara dalam mengeidentifikasi sistem kearsipan yang ada disekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Mata Diklat Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 11:19
Last Modified: 16 May 2014 11:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18996

Actions (login required)

View Item View Item