PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PERALATAN KANTOR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA
Dwi Raflian Giantera, 7101407158 (2013) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PERALATAN KANTOR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PERALATAN KANTOR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran Peralatan Kantor SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 7,0. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Peralatan Kantor siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara, baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Peralatan Kantor siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 53 siswa. Peneliti mengambil teknik sensus, yaitu mengambil keseluruhan populasi sebagai objek penelitian. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) serta variabel terikat yaitu hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 38,519 + 0,541X1 + 0,249X2 . Uji F yang diperoleh Fhitung = 60,005, sehingga H3 diterima. Secara parsial (uji t) fasilitas belajar (X1) diperoleh thitung = 5,445, sehingga H1 diterima. Variabel motivasi belajar (X2) diperoleh thitung= 2,847, sehingga H2 diterima. Secara simultan (R2) fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 69,40%. Simpulan penelitian ini adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah pihak sekolah hendaknya menambah jumlah mesin ketik manual. Perlu adanya peningkatan motivasi baik dari siswa sendiri maupun dari guru agar siswa terdorong untuk mencapai cita-citanya dan meningkatkan kemampuan belajarnya agar mendapat hasil belajar yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 22786 not found. |
Date Deposited: | 16 May 2014 11:19 |
Last Modified: | 16 May 2014 11:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18995 |
Actions (login required)
View Item |