PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU EKONOMI AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA DI KOTA PATI


Atik Alami, 7101407035 (2012) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU EKONOMI AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA DI KOTA PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU EKONOMI AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA DI KOTA PATI]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU EKONOMI AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA DI KOTA PATI)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari prestasi belajar siswa. Prestasi belajar akan mencapai hasil maksimal jika guru yang terlibat langsung dalam pembelajaran mempunyai kompetensi profesional sebagai pendidik. Kompetensi profesional guru akan maksimal jika ditunjang dengan kompetensi sosial. Penguasaan materi secara luas dan mendalam tidak akan tersampaikan dengan baik kepada siswa jika guru tidak mampu berkomunikasi aktif dengan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi sosial guru ekonomi akuntansi terhadap prestasi belajar siswa SMA di kota Pati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi sosial guru ekonomi akuntansi terhadap prestasi belajar siswa SMA di kota Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran ekonomi akuntansi di SMA negeri maupun swasta di kota Pati. Sampel berjumlah 30 orang guru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik population research (penelitian populasi) atau sensus yang pelaksanaanya dilakukan dengan mengambil semua sampel yang ada di dalam populasi, karena jumlah sampel atau subyek penelitian yang tidak mencapai 100 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria kompetensi profesional tinggi (80,67%), sedangkan kompetensi sosial guru pada kriteria sangat tinggi (85,00%). Ada pengaruh signifikan antara kompetensi profesional dan kompetensi sosial guru baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi akuntansi pada kriteria baik (74,90). Kompetensi profesional dan kompetensi sosial guru ekonomi akuntansi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMA di kota Pati. Guru diharapkan meningkatkan kompetensi profesional yang dimilikinya, terutama penguasaan dan pemanfaatan teknologi dan komunikasi dalam pembelajaran serta meningkatkan kompetensi sosial terutama berkomunikasi dengan orang tua siswa, supaya terjalin kerjasama yang baik antara guru dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:21
Last Modified: 16 May 2014 16:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18984

Actions (login required)

View Item View Item