Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media dan Sumber Pembelajaran serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Akuntansi di SMA Se-Kabupaten Kebumen
Betri Ngestiana, 3301405063 (2009) Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media dan Sumber Pembelajaran serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Akuntansi di SMA Se-Kabupaten Kebumen. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media dan Sumber Pembelajaran serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Akuntansi di SMA Se-Kabupaten Kebumen)
- Published Version
Download (10MB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan indikator dalam keberhasilan pengetahuan yang telah dikuasai oleh peserta didik. Berdasarkan Observasi pendahuluan di SMA Kabupaten Kebumen diketahui bahwa hasil belajar akuntansi masih kurang. Dari pengamatan berikutnya, bahwa proses belajar mengajar yang dilakukan guru masih kurang bervariasi dalam penggunaan media dan sumber pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini: 1) Apakah ada pengaruh kompetensi guru dalam menggunakan media dan sumber pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi di SMA Se-Kabupaten Kebumen secara simultan maupun parsial; 2) Seberapa besar pengaruh kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa di SMA Se-Kabupaten Kebumen; 3) Seberapa besar pengaruh kompetensi guru dalam menggunakan sumber pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa di SMA Se- Kabupaten Kebumen. Populasinya yaitu 33 guru akuntansi yang mengampu standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa di SMA Se-Kabupaten Kebumen. Variabel yang diteliti: kompetensi guru dalam menggunakan media dan sumber pembelajaran dan hasil belajar akuntansi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan Ms.Excel dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara kompetensi guru dalam menggunakan media dan sumber pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa di SMA Se-Kabupaten Kebumen baik secara simultan maupun secara parsial. Ditunjukkan dari Fhitung 6,49, probabilitas 0,005, besar pengaruh 25,6%. Untuk uji t antara kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi memiliki thitung 2,226, probabilitas 0,034, besar pengaruh 14,14%. Sedangkan uji t antara kompetensi guru dalam menggunakan sumber pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi memiliki thitung 2,316, probabilitas 0,028, besar pengaruh 15,13%. Simpulan kompetensi guru dalam menggunakan media dan sumber pembelajara akuntansi berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi baik secara simultan maupun parsial. Pengaruh antara kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa di SMA Se-Kabupaten Kebumen sebesar 14,14%. Sedangkan pengaruh kompetensi guru dalam menggunakan sumber pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa di SMA Se-Kabupaten Kebumen sebesar 15,13%. Saran yang dapat peneliti berikan agar sekolah dan guru meningkatkan pemanfaatan media dan sumber pembelajaran agar lebih lengkap dan bervariasi guna meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi guru, Media, Sumber, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Apr 2011 12:21 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1898 |
Actions (login required)
View Item |