PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MEMBUKUKAN JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YAPEK GOMBONG TAHUN AJARAN 2012/ 2013
Fitri Sukhesti, 7101406081 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MEMBUKUKAN JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YAPEK GOMBONG TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MEMBUKUKAN JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YAPEK GOMBONG TAHUN AJARAN 2012/ 2013)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Data hasil belajar siswa kelas X SMK YAPEK Gombong kompetensi dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian menunjukan 34,09% siswa belum mencapai KKM klasikal (75 KKM Individual dan 80% KKM Klasikal). Hal ini disebabkan alokasi waktu untuk latihan soal masih kurang sehingga siswa masih merasa kesulitan dalam penerapan konsep pada suatu soal. Hal ini menjadi salah satu indikasi bahwa untuk materi Membukukan Jurnal Penyesuaian perlu inovasi model pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi, hasil belajar dengan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibanding model konvensional pada kompetensi dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian siswa kelas X Akuntansi SMK YAPEK Gombong Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK YAPEK Gombong tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 132 siswa. Sampel penelitian dilakukan dengan cara diundi dan didapat kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan yang dipakai yaitu metode tes dan metode observasi. Pengujian H1 menggunakan uji paired sample t test dan uji H2 menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dilihat dari rata-rata nilai pre test yaitu 50,30 dan post test sebesar 87,16 pada kelas eksperimen. Selain itu menunjukan hasil bahwa hasil rata-rata nilai post test kelas eksperimen sebesar 87,16 lebih tinggi dibanding kelas kontrol sebesar 81,59. Berdasarkan penelitian di atas maka disimpulkan bahwa metode pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi pada kompetensi dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian, sehingga disarankan agar guru menggunakan metode pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT). Selain itu, siswa hendaknya dapat mengikuti pembelajaran NHT dengan sungguh-sungguh karena mempunyai banyak keunggulan diantaranya mampu mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, dapat menimbulkan semangat gotong royong rasa solidaritas, mampu menimbulkan rasa tanggung jawab dalam diri siswa, dan mampu mengembangkan kemampuan bekerja sama.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Membukukan Jurnal Penyesuaian, Numbered Heads Together (NHT) |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 22786 not found. |
Date Deposited: | 16 May 2014 16:25 |
Last Modified: | 16 May 2014 16:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18970 |
Actions (login required)
View Item |